ANALISA PERFORMA HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR SEBELUM DAN SESUDAH CLEANING DI PT INDONESIA POWER TAMBAK LOROK SEMARANG MENGGUNAKAN SOFTWARE MATLAB R.12

Ahmad Yusron(1), Danang Dwi Saputro(2),


(1) SEMARANG STATE UNIVERSITY
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) atau pembangkit jenis combine cycle adalah gabungan antara Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), dimana di dalam PLTGU memanfaatkan gas buang dari PLTG digunakan untuk menghasilkan uap yang digunakan sebagai fluida kerja di PLTU. Dalam instalasi PLTGU terdapat peralatan yang dinamakan Heat Recovery Steam Generator (HRSG). Peralatan utama dari pembangkit listrik tenaga uap yang berfungsi untuk memanfaatkan gas buang. Penggunaan HRSG dapat meningkatkan efisiensi dari pembangkit listrik tenaga uap karena HRSG hanya memanfaatkan gas buang dari turbin gas, gas buang yang terkandung didalam exhaust turbine gas yang temperaturnya masih mencapai 560o C masih bisa dimanfaatkan untuk memproduksi uap air bertekanan. Pada penelitian ini variabel bebas yang digunakan adalah variasi beban yang diberikan pada saat pagi, siang dan malam hari sedangkan Variabel terikat pada penelitian ini adalah temperature, tekanan, entalpi dan massa aliran. Pada bulan Agustus efisiensi HRSG sebesar 78,9% turun sebesar 4,05% untuk bulan September. Sedangkan penurunan bulan Oktober dan November masing-masing sebesar 9,64% dan 33,63%. Nilai penurunan efisiensi semakin besar mendekati masa cleaning. Hal ini karena semakin mendekati masa cleaning, kondisi HRSG semakin buruk yang berpengaruh terhadap kinerja HRSG yang semakin buruk pula. Pada bulan Desember setelah dilaksanakan cleaning, nilai rata-rata efisiensi HRSG kembali meningkat sebesar 89.3%.

Keywords

HRSG, temperature, massa alir, entalpi

Full Text:

PDF

References

Burlian, F. and Ghafara, A., 2013. Perancangan Ulang Heat Recovery Steam Generator Dengan Sistem Dual Pressure Melalui Pemanfaatan Gas Buang Sebuah Turbin Gas Berdaya 160 MW. Jurnal Rekyasa Mesin, 13(1), pp.21-33.

Holman, J.P., 1994. Perpindahan kalor. Alih Bahasa, Erlangga, Jakarta.

Kurniawan, R. and Hazwi, M., 2014. ANALISA PERFORMANSI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA GAS UAP (PLTGU) SICANANG BELAWAN. e-Dinamis, 10(2).

Ilmar, A. and Sandra, A., 2013. ANALISIS UNJUK KERJA HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR (HRSG) PADA PLTGU MUARA TAWAR BLOK 5. JURNAL MESIN TEKNOLOGI, 7(1).

Mulud, T.H., 2016. ANALISA EFISIENSI TURBIN GAS UNIT 1 SEBELUM DAN SETELAH OVERHAUL COMBUSTOR INSPECTION DI PT PLN (PERSERO) SEKTOR PEMBANGKITAN PLTGU CILEGON. Eksergi, 12(2).

Nordin, A. and Majid, M.A.A., 2006. PERFORMANCE ASSESSMENT OF HEAT RECOVERY STEAM GENERATOR AT DISTRICT COOLING PLANT.

Pudjanarsa, A. and Nursuhud, D., 2006. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: Andi.

Ramadhan, A.I., Diniardi, E., Basri, H. and Setyawan, D.T., 2015. ANALISIS PENGARUH PEMAKAIAN BAHAN BAKAR TERHADAP EFISIENSI HRSG KA13E2 DI MUARA TAWAR COMBINE CYCLE POWER PLANT. DINAMIKA–Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 7(1).

Santoso, D. and Basri, H., 2011. Analisis Eksergi Siklus Kombinasi Turbin Gas-Uap Unit PLTGU Inderalaya. 66

Setyoko, B., 2006. Analisa Efisiensi Performa HRSG (Heat Recovery Steam Generation) pada PLTGU. TRAK SI, 4(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License