SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT DIFTERI MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

Sarifa Isna Ali, R. Rizal Isnanto, Agung Budi Praseti

Abstract


Gejala yang tampak pada penyakit difteri seperti demam, leher membengkak dan hidung berlendir sering diartikan sebagai penyakit influenza atau radang tenggorokan. Oleh karena itu dibuat penelitian untuk membuat aplikasi yang dapat mendiagnosis penyakit difteri.Metode penelitian yang dipakai adalah Expert System Development Cycle (ESDLC). Program di buat menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan berbasis website. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk mengolah nilai masukan adalah Forward Chaining untuk mendapatkan kemungkinan penyakit yang diderita dan Fuzzy Tsukamoto untuk menghitung nilai masukan dari pengguna. Keluaran program yang dihasilkan apabila masuk sebagai pengguna adalah diagnosis positif dan negatif menderita dan apabila masuk sebagai admin keluaran yang dihasilkan adalah hasil perhitungan Fuzzy Tsukamoto. Penelitian telah diuji dengan pengujian Blackbox menunjukkan hasil bahwa sistem pakar berfungsi dengan baik dan pengujian Akurasi menunjukkan hasil tingkat akurasi sebesar 92%.


Keywords


Penyakit Difteri , ESDLC, Forward Chaining, Fuzzy Tsukamoto

References


Depkes.2018. Ini Makna Difteri. http://www.depkes.go.id (Diakses, tanggal 10 April 2018)

Fatoni, C.S. dan F.D Noviandha, 2017. Case Based Reasoning Diagnosis Penyakit Difteri dengan Algoritma K-Nearest Neighbor. Universitas AMIKOM. Yogyakarta.

Falatehan, A.I.. 2017. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Hati Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto Berbasis Android. Skripsi.Universitas Brawijaya,

Mukhlishin, M.F., Saputra, R. dan Wibowo, A.. 2017. Implementasi Fuzzy Tsukamoto Dalam Menentukan Nilai Jual, Rumah Berdasarkan Letak Geografis. Universitas Diponegoro, Semarang, 2017.

Shulman, S.T., Phair, J.P., dan Sommers, H.M. 1994 Dasar Biologis & Klinis Penyakit Infeksi Edisi Keempat. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sudoyo, A.W. 2006. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid III. Edisi IV. 2006/FKUI. Jakarta :Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Andi Publisher.

Arhami, M. 2006. Konsep Dasar Sistem Pakar, , Yogyakarta: Andi Publisher.

Sumardi, 2012. Sistem Fuzzy. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kusumadewi, S. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Graha Ilmi.

Kusumadewi, S., Hartati, S. 2006. NEURO FUZZY : Integrasi Sistem Fuzzy & Jaringan Syaraf Tiruan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusmil, K., Chairulfatah, A., Fadlayana, E. dan Dhamayanti, M. 2011. Wabah Difteri di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Cianjur: Universitas Padjajaran, Bandung

Kartono, B., Purwana R. dan Djaja, I.M. 2008. Hubungan Lingkungan Rumah dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) Difteri di Kabupaten Tasikmalaya (2005-2006) dan Garut Januari 2007, Jawa Barat. Depok: Universitas Indonesia,

Anggraeni, D. 2013. Hubungan Perilaku Ibu Mengimunisasi DPT dengan Status Kelengkapan Imunisasi DPT Dasar Pada Bayi Usia 11 Bulan di Desa Kaliwates Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Skripsi. Universitas Jember.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/sainteknol.v16i1.15108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.