PENGARUH TWIST ANGLE TERHADAP KINERJA TURBIN AIR SUMBU VERTIKAL

Amri Wicaksana, Karnowo Karnowo

Abstract


Sumber energi di Indonesia masih didominasi oleh energi yang berbasis bahan bakar fosil. Banyak kerugian yang ditimbulkan dari penggunaan bahan bakar fosil ini. Maka dari itu perlu adanya suatu upaya untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia, salah satunya energi listrik dari turbin air. Salah satu faktor yang mempengaruhi daya yang akan dihasilkan turbin adalah twist angle (Ψ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggaruh twist angle terhadap kinerja turbin air sumbu vertikal. Penelitian ini mengggunakan variasi twist angle 00 twist angle 450 dan twist angle 900. Aliran air yang digumakan adalah aliran air dari sungai. Kecepatan arus air yang digunakan adalah 0,88 m/s, 0,97 m/s, 1,08 m/s dan 1,19 m/s. Pengukuran daya menggunakan multimeter digital dan untuk pengukuran putaran turbin mengggunakan tachometer digital. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa selain kecepatan air, twist angle juga sangat mempengaruhi kinerja pada turbin air sumbu vertikal. Semakin besar twist angle (sampai dengan 90°) maka putaran dan daya turbin yang dihasilkan semakin rendah di semua variasi kecepatan. Sedangkan untuk koefisien daya (Cp), semakin tingggi kecepatan air maka koefisien daya (Cp) dari semua variasi twist angle semakin rendah. Hal ini disebabkan oleh peningkatan daya input atau daya air tidak sebanding dengan daya output atau daya mekanik yang dihasilkan oleh turbin. Nilai koefisien daya (Cp) tertinggi adalah turbin dengan twist angle 0 pada kecepatan air 0,97 m/s dengan nilai Cp sebesar 0,00397


Keywords


twist angle; turbin air; daya; Cp.

References


Ismail, A. 2016. Studi Eksperimental Pengaruh Jumlah Foil Terhadap Efisiensi Turbin Heliks Cascade Foil. Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Kurniawan, I. 2014. Kajian Eksperimental dan Numerikal Turbin Air Helikal Gorlov Untuk Twist Angle 60 dan 120. Jurnal Teknobiologi V(1): 7.

Manik, R. 2013. Turbin, Turbin Air, Turbin Cross Flow dan Turbin Francis dan Turbin Pelton. http://ridomanik.blogspot.com/2013/07/turbin-air.html, (diakses pada tanggal 12 Desember 2017)

Purnama, A. C., R., Hantoro, G., Nugroho. 2013. Rancang Bangun Turbin Air Sungai Poros Vertikal Tipe Savonius dengan Menggunakan Pemandu Arah Aliran. JURNAL TEKNIK POMITS 2(2): 278 – 282.

Putra, H. 2010. Optimasi Sudutt Twist dan Geometri Airfoil Sudu Turbin Angin Sumbu Horizontal Berbasis Kecepatan Angin Rendah Menggunakan Bassed-Gradient Method dan Algoritma Genetika. Tugas Akhir. Universitas Diponegoro. Semarang.

Shiono, M., K. Suzuki., and S. Kiho. 2002. Output Characteristics of Darrieus Water Turbin with Heliical Blades for Tidal Current Generations. Proceedings of The Twelfth. Departemen Of Electrical Engineering, College Of Science and Technology. Nihon University. Tokyo. Japan

Sitepu, A.W., J.B., Jorfri, S., Agus. 2014. Kajian Eksperimental Pengaruh Bentuk Sudu Terhadap Unjuk Kerja Turbin Helik Untuk Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Jurnal FEMA 2(2): 72 – 78.

Yawara, E., Y.A., Jayatun, D. Sugati. 2016. Pengaruh Profil Sudu Terhadap Koefisien Daya Turbin Gorlov. KURVATEK 1(2): 7-11


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/sainteknol.v16i2.16086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.