PENGARUH NOSE RADIUS DAN CUTTING PARAMETER TERHADAP TINGKAT KEKASARAN PEMBUBUTAN BAJA KARBON EMS 45

Ahmad Ridwan Hintan Purnama(1), Wirawan Sumbodo(2), Murdani Murdani(3),


(1) Semarang State University
(2) 
(3) 

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh nose radius dan cutting parameter terhadap tingkat kekasaran pembubutan baja karbon EMS 45. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan tujuan mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang diberikan. Pada penelitian ini perlakuan yang diberikan yaitu variasi nose radius dan cutting parameter. Variasi nose radius yang digunakan yaitu 1 mm, 1,25 mm, dan 1,5 mm. Sedangkan cutting parameter yang divariasikan yaitu fedding dengan besar 0,072 mm/rev, 0,113 mm/rev, 0,158 mm/rev. Setelah dilakukan pembubutan selanjutnya diuji nilai kekasarannya dan diuji bentuk permukaannya dengan foto makro. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa semakin besar nose radius dan semakin rendah feeding yang digunakan maka menghasilkan nilai kekasaran permukaan yang optimal.

Keywords

nose radius; cutting parameter; kekasaran permukaan; single cutting point tool; baja karbon EMS 45.

Full Text:

PDF

References

Abdullah, M. F., Abdullah, C., Hakimi, M. I., Sulong, A. B., & Ghani, J. A. 2010. Effects of insert nose radius and processing cutting parameter on the surface roughness of AISI 316 stainless steel. In Key Engineering Materials, 447, 51-54. Trans Tech Publications.

Asmed, Yusri Mura. 2010. Pengaruh Parameter Pemotongan Terhadap Kekasaran Permukaan Proses Bubut Untuk Material ST37. Jurnal Teknik Mesin, 7 (2): 99-105.

Jonoadji, Ninuk dan J. Dewanto. 1999. Pengaruh Parameter Potong dan Geometri Pahat Terhadap Kekasaran Permukaan Pada Proses Bubut. Jurnal Teknik Mesin, 1 (1): 82-88.

Munadi, Sudji. 1988. Dasar-Dasar Metrologi Industri. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Paridawati. 2015. Pengaruh Kecepatan Dan Sudut Potong Terhadap Kekasaran Benda Kerja Pada Mesin Bubut. Jurnal Imiah Teknik Mesin, 3 (1): 53-67.

Rao, C. J, Nageswara dan Srihari. 2013. Influence Of Cutting Parameters On Cutting Force And Surface Finish In Turning Operation. Procedia Engineering, 64: 1405-1415.

Santoso, Joko. 2013. Pekerjaan Mesin Perkakas. Jakarta: Kementerian Pendidikan & Kebudayaan.

Widarto. 2008. Teknik Pemesinan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Wiryosmarto, H. dan Toshie Okumoro. 1981. Teknologi Pengelasan Logam. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License