Aplikasi Matrix Labolatory untuk Perhitungan Sistem Antrian dengan Server Tunggal dan Majemuk

Nafiul Anam, Putriaji Hendikawati

Abstract


Penelitian ini mengembangkan program aplikasi komputer dengan Matrix Labolatory (Matlab) sebagai alat bantu untuk menghitung aplikasi teori antrian. Program aplikasi yang dirancang dapat digunakan untuk menghitung berbagai komponen antrian seperti laju kedatangan dan pelayanan serta distribusinya, probabilitas pelayan menganggur, jumlah pelanggan serta waktu tunggu dalam antrian. Berdasarkan analisis dan perancangan program, perhitungan antrian yang dilakukan memiliki ketepatan hasil yang sama terhadap perhitungan secara teoretis dan mampu meningkatkan efisiensi waktu dalam perhitungan aplikasi sistem antrian. Program yang dibuat pada penelitian ini hanya terbatas untuk menghitung model antrian server tunggal dan majemuk dengan laju kedatangan berdistribusi poisson dan laju pelayanan berdistribusi eksponensial, untuk itu perlu pengembangan program lebih lanjut untuk model antrian dengan laju kedatangan dan pelayanan yang tidak memenuhi asumsi distribusi poisson dan eksponensial.


Keywords


Matrix Labolatory; distribusi poison.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, Tjutju T. Ahmad., Operations Research, Bandung: Sinar Baru Algensindo Bandung, 2004.

Farkhan, Feri., Aplikasi Teori Antrian dan Simulasi pada Pelayanan Teller Bank, Unnes Journal of Mathematics Vol 2 No 1 ISSN 2252-6943 Hal: 17 23, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kakiay, Thomas J., Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata, Yogyakarta: Andi, 2004.

Purnawan, Dedy., Analisis Model Antrian Perbaikan Sepeda Motor dengan Menggunakan Program Visual Basic, Unnes Journal of Mathematics Vol 2 No 1 ISSN 2252-6943 Hal: 40 45, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Subagyo, Pangestu dkk., Dasar-dasar Operation Research, Edisi 2, Yogyakarta: BPTE, 2000.

Kurniati, Asih.,Aplikasi Teori Antrian untuk Pengambilan Keputusan pada Sistem Antrian Pelanggan di Kantor Pos Pusat Semarang, Skripsi,Unnes, 2006.

Siang, Jong J., Jaringan Syaraf Tiruan & Pemrogramannya, Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

Rani, Septia.,Modul Pelatihan Pemrograman MATLAB, Yogyakarta: Himpasikom UGM.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.