Games Puzzle Hijaiyah Elektronik Interaktif Berbasis Mikrokontroler DT-AVR Maxiduino

Agus Mulyana, Nasrudin Nasrudin

Abstract


Puzzle hijaiyah Elektronik Interaktif adalah games edukasi kombinasi dari piranti lunak dan perangkat keras untuk membantu sarana pembelajaran anak-anak usia dini dalam pengenalan huruf-huruf hijaiyah Al-Quran. Pada saat penyusunan puzzle memiliki indikator berupa suara dan gambar animasi bergerak ketika penyusunan puzzle benar yang ditampilkan pada layar smartphone android. Pembuatan puzzle hijaiyah elektronik ini memanfaatkan alat-alat elektronik antara lain untuk membaca perubahan high atau low menggunakan sensor cahaya photodioda, untuk mengontrol menyala LED menggunakan IC demultiplexer, gerbang OR digunakan untuk menggabungkan keluaran dari setiap sensor dan memanfaatkan keluaran logika low, mikrokontroler DT-AVR Maxiduino sebagai pengontrol kerja komponen lain dan pengolah data yang diterima dari setiap sensor, Basic4Android sebagai editor pembuatan interface pada smartphone android yang digunakan untuk mengolah data yang dikirim dari mikrokontroler, bluetooth HC-06 sebagai alat komunikasi antara mikrokontroler dengan smartphone android. Pengujian alat ini berfungsi 100% dalam pengiriman dan penerimaan data melalui komunikasi bluetooth, alat ini berhasil dan dapat digunakan. Diharapkan dengan adanya alat ini dapat membuat anak-anak lebih tertarik lagi untuk belajar sehingga untuk belajar Al- quran dapat lebih menarik lagi dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar berkonsentrasi.


Keywords


hijaiyah; game puzzle; mikrokontroler; DT-AVR Maxiduino.

Full Text:

PDF

References


Malvino, Albert., Prinsip-Prinsip Elektronika (Jilid 1), Penerbit Erlangga: Jakarta, 1996.

Gute Mahendra., Puzzle Bukan Sekedar Permainan Anak, diakses pada http://www.bizitstudio.com/detilartikel-102-puzzle-bukan-sekedar- permainan-anak.html tanggal 18 Juni 2013, 2010.

Datasheet DT-AVR Maxiduino Oktober 2013.

http://www.basic4ppc.com/android/forum/threads/how-to-make-games.32593/, diakses pada 2 Maret 2014.

http://thevron.com/anda-juga-bisa-membuat-game-seperti-flappy-bird-tanpa-coding/, diakses pada 2 Maret 2014.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.