Sistem Informasi Tracer Study Alumni Universitas Negeri Semarang Dengan Aplikasi Digital Maps

Zulfikar Adi Nugroho(1), Riza Arifudin(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Tracer study alumni merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menelusuri informasi mengenai alumni. Informasi yang diambil meliputi identitas pribadi alumni, riwayat pendidikan di Universitas Negeri Semarang, riwayat pekerjaan, serta masukan yang diberikan kepada Universitas Negeri Semarang. Salah satu data yang sulit untuk diperoleh adalah data valid mengenai alamat pekerjaan alumni serta cara menyajikan data alamat pekerjaan alumni. Digital Maps adalah representasi fenomena geografik yang disimpan untuk ditampilkan dan dianalisis oleh komputer. Setiap objek pada peta digital disimpan sebagai sebuah atau sekumpulan koordinat. Posisi tempat kerja atau posisi kantor merupakan salah satu data geografis berupa titik, sedangkan titik dalam data geografi merupakan bagian dari sebuah peta. Sehingga titik yang baik adalah titik yang dapat diproyeksikan kedalam sebuah peta. Dalam tulisan ini, akan dibahas rancang bangun sistem informasi Tracer Study alumni Universitas Negeri Semarang dengan aplikasi Digital Maps. 

Keywords

Tracer Study, Digital Maps

Full Text:

PDF

References

Suharti, L dan Laksono F.P. 2012. Studi penelusuran (Tracer Study) terhadap Alumni Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Proceeding for Call Paper Pekan Ilmiah Dosen FEB Salatiga: Fakultas Ekonomika Bisnis Universitas Kristes Satya Wacana. Tersedia di htt://prepository.library.uksw.edubitstreamhandle1234567891293PROS_Lieli%2 0S-Ferrynela%20PL_Studi%20 Penelusuran%20 (Tracer%20Study) _Full%20text.pdfsequence=5.pdf [ diakses13-03-2014].

Milington, Claire. 2006. The Use of Tracer Studies for Enchancing Relevance and Marketability in online and Distance Education. Barbados Community Collage. Barbados. Tersedia di https3. amazonaws. comacademia. edu. documents4050245mzwandile_and_ocholla_prolissa_paper_revised_march_29- libre.pdfAWSAccessKeyId=AKIAJ56TQJRTWSMTNPEA&Expires=13953598 56&Signature=zShg3uXK1mvcjkuJBbHMB9dLSaY%3D. pdf. [diakses 21-03- 2014].

Riyanto. Putra, Prilnali Eka dan Inderlako dan Hendi. 2009. Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web. Yogyakarta: Gava Media.

Ladjmudin dan Al-Bahra Bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho dan Adi. 2004. Konsep Pengembangan Sistem Basis data. Bandung: Informatika Bandung.

Hidiyansyah dan Toni. 2010 Mengenal Konsep Diagram Alir Data. Yogyakarta: Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.