Metode Face Recognition untuk Identifikasi Personil Berdasar Citra Wajah bagi Kebutuhan Presensi Online Universitas Negeri Semarang

Luthfi Maslichul Kurniawan(1),


(1) BPTIK Universitas Neger Semarang

Abstract

Salah satu hasil evaluasi dari Sistem Presensi Online Pegawai Universitas Negeri Semarang adalah adanya proses-proses curang di dalam sistem presensi dengan menitipkan presensi atau melakukan foto presensi kosong. Sistem Presensi Online Pegawai yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP, basis data MySQL dan pustaka JavaScript JPEGCam itu tidak cukup mampu memberikan gambaran tentang kedisiplinan dari pegawai di lingkungan Universitas Negeri Semarang. Untuk itulah, perlu dibangun sebuah sistem yang mampu mengolah data-data foto yang ditangkap dari proses presensi online tersebut untuk dianalisis apakah ada wajah manusia yang terdeteksi. Maka, dikembangkanlah sebuah sistem face recognition yang dirancangbangun menggunakan bahasa pemrograman Python dan pustaka OpenCV. Hasil dari rancang bangun ini adalah sistem face recognition yang mampu berjalan secara otomatis di komputer server untuk membaca basis data presensi, mengolah foto-foto yang tersimpan pada basis data tersebut, mendeteksi wajah pada foto-foto yang diolah kemudian menampilkan hasilnya pada tabel basis data presensi untuk diolah dalam bentuk skor deteksi wajah yang tampil di rekapitulasi presensi online pegawai. 

Keywords

Face recognition, Image processing, OpenCV, Python, Sistem informasi kepegawaian

Full Text:

PDF

References

Abdurrohkman. 2014. Kiat Menjadi Staf Profesional. http://www.banyumaskab.go.id/read/8098/kiat-menjadi-staf-profesional, diakses 20 Mei 2015.

Brahmbhatt, Samarth. 2013. Practical OpenCV. Appres, New York.

M. Hassaballah, Kenji Murakami, Shun Ido. 2011. Face Detection evaluation: a new approach based on the golden ratio. Springer-Verlag London 2011.

Published 8 July.

Wu Lifang, Shen Lansun. 2003. Face Recognition from Front-view Face.

Journal of Electronics. Vol. 20(1): 45-50.

Hetland, Magnus Lie. 2006. Beginning Python: from Novice to Professional.

Apress, New York.

Python Software Foundation. 2008. "What is Python Good For?". General

Python FAQ. http://docs.python.org/faq/general.html#what-is-python-good-for, diakses 20 Mei 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.