Penerapan Model Technology Acceptance Model (TAM) untuk Pemahaman Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif

Agusdi Syafrizal, Ernawati Ernawati, Yudi Dwiandiyanta

Abstract


Penerapan model Technology Acceptance Model (TAM) bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman terhadap media pembelajaran yang berbentuk multimedia interaktif. Pada umumnya, dosen hanya mengandalkan metode ceramah dan tanya jawab di dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini dosen yang mengajar meminta untuk menginovasi sistem pembelajaran, yaitu dengan menggunakan multimedia interaktif. Peneliti menggunakan jenis data kuantitatif, dengan metode analisis yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari kuesioner dan observasi. Untuk memahami penerimaan dan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif bisa diukur dengan menggunakan model penerimaan teknologi (TAM). Model TAM dapat menjelaskan bahwa persepsi pengguna akan menentukan sikapnya dalam penerimaan penggunaan Teknologi Informasi (TI). Model ini secara lebih jelas menggambarkan bahwa penerima penggunaan TI dipengaruhi oleh kemanfaatan (usefulness).


Keywords


Technology Acceptance Model (TAM), Media pembelajaran, Multimedia interaktif

Full Text:

PDF

References


Muhson, Ali. Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi. s.l. : Universitas Negeri Yogyakarta, 2009.

Fitria, Nur Aida, and Nurhayati. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODULASI SINYAL ANALOG DAN DIGITAL BERBASIS MULTIMEDIA FLASH UNTUK MENUNJANG PERKULIAHAN DASAR SISTEM TELEKOMUNIKASI MAHASISWA S1 TEKNIK ELEKTRO. 2013.

Mohammadi, Neda, Vahid Ghorbani, and Farideh Hamidi. Effects of E-Learning on Language Learning. s.l. : In Procedia Computer Science, 2011.

Suyanto, M. Multimedia: Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta : Percetakan Andi, 2005.

Yazid. Media Pembelajaran Kimia Berbatuan Komputer (MPKBK). Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta, 2008.

Lee, Byoung Chan,Jeong Ok Yoon, and In Lee. Learners Acceptance of E-Learning in South Korea: Theories and Results. s.l. : Computers and Education, 2009.

Legris, Paul, John Ingham, and Pierre Collerette. Why Do People Use Information Technology? A Critical Review of the Technology Acceptance Model. s.l. : Information & Management, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatid dan R&D . Jakarta : Alfabeta, 2009.

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi . Bandung : SPS Universitas Pendidikan Indonesia, 2008.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.