Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kabupaten Temanggung Berbasis Android dengan Global Positioning System (GPS)

Kartika Imam Santoso, Muhamad Nur Rais

Abstract


Pariwisata merupakan aspek yang berharga bagi suatu daerah, dan semakin banyak pengunjung maka dapat memajukan kesejahteraan masyarakat di sekitar obyek pariwisata. Kabupaten Temanggung memiliki banyak obyek pariwisata, penggunaan teknologi informasi seperti menggunakan aplikasi smartphone berbasis Android dapat digunakan untuk membantu wisatawan untuk mengenal daerah pariwisata dan mengetahui rute menuju ke obyek pariwisata yang diinginkan. Implementasi Sistem Informasi Geografis (SIG) di daerah wisata Temanggung bertujuan untuk membangun aplikasi Wisata Temanggung berbasis Android dan menerapkan layanan Google Maps Application Programming Interface (API) untuk memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi pemetaan lokasi objek wisata, rute dan fasilitas pendukung wisata yang ada di Kabupaten Temanggung. Metode yang digunakan adalah model proses air terjun (waterfall). Implementasi Aplikasi Wisata Temanggung menggunakan pemrograman Javascript dengan Eclipse Luna, basis data SQLite, serta peta yang bersumber dari Google Maps API. Hasilnya berupa aplikasi Wisata Temanggung berbasis Android yang membantu memudahkan wisatawan dalam memperoleh informasi tentang obyek wisata alam, buatan, budaya, kuliner, hotel dan rute dari lokasi sekarang ke lokasi obyek wisata yang diinginkan di Kabupaten Temanggung dengan bantuan Global Positioning System (GPS).


Keywords


Android, Google Maps API, Pariwisata, Rute, Temanggung

Full Text:

PDF

References


Richard, R.F.S., Satoto, K.I., & Martono, K.T. (2014), Implementasi Sistem Informasi Geografis Daerah Pariwisata Kota Semarang Berbasis Android Dengan Global Positioning System (GPS). Skripsi. Semarang. Universitas Diponegoro.

Wardana, R.A., Kahar, S., & Suprayogi, A. (2015). Penyajian Peta Jalur Pendakian Gunung Rinjani Berbasis Platform Android. Jurnal Geodesi Undip. 4(2):94-100.

Paryono, P. (1994). Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta. Andi Offset.

Prahasta, E. (2002). Konsep-Konsep Dasar SIG. Bandung. Informatika.

Nasruddin, S.H. (2012). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung. Informatika.

Carter, D., & Agtrisari, I. 2003. Desain dan Aplikasi SIG. Jakarta. PT Elex Komputindo.

Elian, A., Mazharuddin, A.,& Studiawan, H. (2012). Layanan Informasi Kereta Api Menggunakan GPS, Google Maps, dan Android. Jurnal Teknik Pomits Surabaya. 1(1):1-6.

Davis, S. (2006).Google Maps API v2.. Texas. The Pragmatic Bookshelf

Pressman, R.S. (2002). Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan Praktisi (Buku I). Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.