Identifikasi Kualitas Beras dengan Citra Digital

Arissa Aprilia Nurcahyani, Ristu Saptono

Abstract


Beras merupakan makanan pokok yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, harga beras di pasaran justru semakin melonjak, sehingga banyak beredar beras yang memiliki kualitas kurang baik. Oleh karena itu perlu adanya standar kualitas mutu dari pihak gudang beras saat mendistribusikan beras ke pasaran. Standar pengujian kualitas dari pihak Bulog terdapat dua tahap, yaitu uji laboratorium dan uji visual. Namun, pengujian secara visual selama ini masih dilakukan secara manual sehingga masih sering terjadi kesalahan karena terbatasnya penglihatan manusia dan subjektivitas penguji. Oleh karena itu, sistem pengujian secara visual dengan citra digital dapat menjadi solusi yang efektif untuk permasalahan tersebut. Proses pengujian dapat dilihat dari nilai putih, nilai bersih, dan nilai utuh beras yang diakuisisi melalui pengolahan citra digital. Proses akuisisi nilai bersih dan putih dilakukan dengan menganalisis nilai HSV (Hue, Saturation, Value), sedangkan nilai utuh dilakukan dengan menganalisis luas region area objek. Sebelumnya, dilakukan training terhadap 30 data untuk mendapatkan decision tree dengan model ID3 (Iterative Dichotomiser Tree). Data yang telah diakuisisi kemudian diklasifikasi ke dalam 3 kelas yaitu baik, kurang dan buruk dengan menggunankan aturan dari decision tree yang dihasilkan pada proses training. Hasil pengujian dengan metode k-fold cross validation dengan k=5 didapatkan akurasi sebesar 96.67%.


Keywords


Pengolahan citra, Beras, Decision tree, ID3, Sistem pakar

Full Text:

PDF

References


Kementrian Pertanian RI, "Konsumsi Rata-rata per Kapita Setahun Beberapa Bahan Makanan di Indonesia, 2009-2013," 2013. [Online]. Available: http://www.pertanian.go.id/Indikator/tabe-15b-konsumsi-rata.pdf. [Accessed 10 April 2015].

Beras Indonesia, "Produk dan Standar Mutu," 15 Mei 2014. [Online]. Available: http://www.berasindonesia.com/kualitas_produk. [Accessed 15 Mei 2014].

G. Ajay, M. Suneel, K. K. Kumar and P. S. Prasad, "Quality Evaluation of Rice Using Morphological Method," International Journal of Soft Computing and Engineering (IJSCE), pp. 35-37, 2013.

R. Suminar, B. Hidayat and R. D. Atmaja, "Klasifikasi Kualitas Beras Berdasarkan Ciri Fisik Berbasis Pengolahan Citra Digital," Jurnal Telkom University, 2012.

A. S. Somantri, E. Darmawati and I. W. Astika, "Identifikasi Mutu Fisik Beras dengan Menggunakan Teknologi Pengolahan Citra dan Jaringan Syaraf Tiruan," Jurnal Pascapanen, pp. 95-103, 2013.

R. Bhardwaj and S. Vatta, "Implementation of ID3 Algorithm," International Journal of Advanced Research in, vol. 3, no. 6, pp. 856-861, 2013.

Aradeo, S. A., Z. Ariyan and A. Yuliana, "Penerapan Decision Tree untuk Penentuan Pola Data Penerimaan Mahasiswa Baru," Jurnal Penelitian Sitrotika, vol. 7, 2011.

B. Y. B. Putranto, W. Hapsari and K. Wijana, "Segmentasi Warna Citra dengan Deteksi Warna HSV untuk mendeteksi Objek," Jurnal Informatika, vol. 6, 2010.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.