Analisis Efektivitas Iklan Jejaring Sosial sebagai Media Promosi Menggunakan EPIC Model

Nur Hasanah, Lukito Edi Nugroho, Eko Nugroho

Abstract


Keberhasilan dalam sebuah iklan atau promosi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat terhadap Informasi Layanan Pendidikan di jejaring sosial sangat bergantung pada kemasan tampilan yang menarik dan berita yang disampaikan. Pencapaian keberhasilan tujuan promosi tersebut akan membutuhkan tindakan yang berkesinambungan dan tepat sasaran. Untuk mengetahui apakah Facebook Huma Harati itu efektif atau tidak maka perlu adanya pengukuran terhadap Facebook itu sendiri, salah satunya menggunakan metode EPIC (Empaty, Persuation, Impact, and Communication). Hasil analisa menyatakan bahwa Fanpage Huma Harati merupakan tempat yang efektif sebagai media promosi, hal ini terlihat dari nilai empaty, persuasiona, impact and communication yang diperoleh. Nilai rata-rata pada EPIC rate adalah 3,978, dimensi komunikasi mendapat nilai tertinggi dari dimensi lainnya yaitu 4,02.


Keywords


Efektivitas ilkan jejaring sosial, EPIC model, Huma Harati

Full Text:

PDF

References


Danar, R. 2012. Pengaruh Ikan dengan EPIC Model pada Media Televisi

Terhadap Sikap Penonton (Studi Kasus pada Iklan Minuman Isotonik Fatigon Versi "Macet" diKota Pekan Baru. Jurnal Sosial Ekonomi Pembangunan. 2(6): 290-320.

Durianto, e. a. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modelling Metode Alternatif dengan Partial Least Square PLS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hardjana, A. 2000. Audit Komunikasi: Teori dan Praktek. Grasindo, Jakarta.

Hermansyah, A. 2013. Analisis Keefektivan Facebook ADS di Jejaring Soaial Facebook.com sebagai Media Iklan Online Berdasarkan Respon Pengguna.

Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Johnson, M. L. 2007. Prinsip-prinsip Pokok Periklanan dalam Presfektif Global.

Kencana Perdana Media Group, Jakarta.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Dirjen PAUDNI. 2012. Petunjuk

Teknik Pengajuan dan Pengelolaan Penyelenggaraan Rintisan Rumah Pintar.

Kemendikbud, Jakarta.

Kurniawan, R. B. 2010. Studi Efektivitas Penggunaan Jejaring Sosial Sebagai

Penunjang Proses Pembelajaran Pada Mahasiswa Fakultas Teknologi dan

Komunikasi Universitas Semarang. Universitas Semarang, Semarang.

Made, L. 2010. Facebook Marketing Revolution. Alex Media Computindo,

Jakarta.

Nielsen, A. 2000. EPIC Dimensions of Advertising Effectiveness. AC Nielsen

Ads @work.

Philip, K. 2003. Manajemen Pemasaran, 9th ed. PT Prehallindo, Jakarta.

Purwanti, A. 2010. Pemanfaatan Facebook sebagai Sarana Promosi

Perpustakaan: Studi Kasus Perpustakaan Forum Membaca. Universitas Indonesia, Depok.

Riyantoro B, H. A. 2013. Efektivitas Iklan Melalui Jejaring Sosial Sebagai salah Satu Strategi Pemasaran Kripik Pedas Maichih Dengan Menggunakan Metode EPIC. Universitas Gunadarma, Malang.

Sariningsih, C. 2012. Efektivitas Iklan Situs Jejaring Sosial Facebook di Kota Purwokerto dengan Menggunakan Consumer Decision Model. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Shimp, T. (n.d.). Menilai Efektivitas eriklanan Ridet Periklanan.

Soewarno, H. 1994. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Haji

Masagung, Jakarta.

Suthiar, M. 2006. Analisis Pemasaran Media Massa Islam pada Majalah Suara Hidayatullah. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 3(-): 1.

Tjiptono, F. 2001. Strategi Pemasaran. ANDI, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.