Aplikasi Game Edukasi Pasang Pageh Aksara Bali Berbasis Android

Ayu Wirdiani, Ketut Agung Cahyawan, Dharma Prateka Atmaja

Abstract


Aksara Bali sudah menjadi salah satu mata pelajaran wajib untuk siswa mulai dari Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Akhir. Keluhan siswa yang tertampung dalam angket orang tua siswa menunjukkan terdapat sebanyak 52,86% yang menyatakan bahwa pelajaran Bahasa Bali khususnya Pasang Pageh Aksara Bali dirasakan susah oleh anak-anak mereka. Seiring perkembangan teknologi permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah metode pembelajaran baru di bidang Teknologi Informasi yaitu salah satunya dengan memanfaatkan teknologi Smartphone Berbasis Android. Pembelajaran Pasang Pageh Aksara Bali diimplementasikan ke dalam sebuah game edukasi berbasis Android menggunakan metode drag and drop dan dirancang semenarik mungkin, dengan tujuan agar minat belajar anak-anak untuk mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali lebih meningkat. Hasil survey masyarakat terutama anak-anak, Game Pasang Pageh Aksara Bali mendapatkan respon yang baik sebagai media bantu dalam mempelajari Pasang Pageh Aksara Bali, dengan persentase 67% menarik dalam aspek grafis, 50% baik dalam aspek rekayasa perangkat lunak, 74% baik dalam aspek entertainment, dan 60% dipahami dalam aspek konten


Keywords


Aksara Bali, Pasang Pageh, Game Edukasi

Full Text:

PDF

References


Bantara, B. 2008. Pembuatan Smart Font Aksara Bali dengan Graphite Description Language. Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Nurjaya, I.G. 2005. Sikap dan Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Bali. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. (3): 473.

Arismadhani, A. dkk. 2013. Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Yatmo, Bangkit Tri. 2013. Game Aplikasi Pembelajaran Penulisan Aksara Jawa Hanacaraka Berbasis Android. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom, Yogyakarta.

Setiyawan, P.A. 2014. Balinese Alphabet Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Bali Berbasis Android Mobile Platform. Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana, Jimbaran.




DOI: https://doi.org/10.15294/sji.v2i2.5087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.