Sistem Pengolahan Data Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Universitas Respati Yogyakarta

Hamzah Hamzah(1),


(1) Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Respati Yogyakarta

Abstract

Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat merupakan salah satu unit di Universitas Respati Yogyakarta yang bertugas untuk mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen. Dalam proses pengolahan data kegiatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih mengalami beberapa permasalahan yaitu belum adanya basis data yang digunakan untuk pengumpulan data rekam jejak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan sistem pengarsipan dokumen masih berbentuk kertas yang berdampak pada kerusakan dokumen, hilangnya dokumen, efisiensi ruang dan pencarian data. Penelitian yang dilakukan bertujuan menghasilkan luaran sistem informasi yang dapat melakukan proses pengolahan data penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola oleh Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat di Universitas Respati Yogyakarta. Pengolahan data mengacu pada komponen beban kerja dosen dibidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Metode pengembangan dilakukan dengan tahapan analisa sistem, perancangan sistem, coding dan implementasi sistem. Hasil pengembangan sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat yaitu sebuah sistem yang dapat membantu Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dalam proses pengolahan data rekam jejak kegiatan penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dosen.

Keywords

rekam jejak, penelitian, pengabdian masyarakat, dosen

Full Text:

PDF

References

Andrasto, T. 2013. Pengembangan Sistem Database Hasil Penelitian. Jurnal Teknik Elektro, Vol. 5 No. 2, 64-68.

Eniyati, S., & Santi, R. C. 2010. Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Volume XV, No.2, 136-142.

Indrayani, E. 2011. Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 1(1), 45-60.

Hidiyansyah, Toni. 2010. Mengenal Konsep Diagram Alir Data. Andi, Yogyakarta.

Fathansyah.2012.SistemBasisData.Informatika,Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.