Analisis Arsitektur Aplikasi Web Menggunakan Model View Controller (MVC) pada Framework Java Server Faces

Gunawan Gunawan(1), Armin Lawi(2), Adnan Adnan(3),


(1) STMIK Handayani UIN Alaudin Makassar
(2) Universitas Hasanuddin
(3) Universitas Hasanuddin

Abstract

Aplikasi web yang khususnya memiliki kompleksitas besar dalam melakukan transaksi data sehingga konsep arsitektur (pattern) perlu menjadi perhatian khusus untuk dapat mengoptimalkan kinerja performansi sistem ketika pengguna (user) menggunakan dalam waktu yang bersamaan dengan jumlah yang banyak. Analisis performa arsitektur aplikasi web yang menggunakan model 2 (MVC) dengan menggunakan framework Java Server Faces (JSF) dan model 1 sebagai pembanding. Metode yang digunakan adalah Load dan Scalability Testing dengan dua cara yaitu uji coba terhadap response time karena peningkatan ukuran dari database dan uji coba terhadap response time karena peningkatan jumlah user yang menggunakan sistem secara bersamaan (concurrent users) dan waktu tunggu (ramp-up) yang ditentukan menggunakan Apache Jmeter. Analisis menunjukkan bahwa dalam implementasi arsitektur web yang menggunakan model 1 waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk merespon permintaan user lebih cepat dan efisien dibanding model 2 (MVC). 

 

Keywords

MVC, Load and scalability, Java server faces, Jmeter

Full Text:

PDF

References

Gunawan. 2010. Implementasi Model View Controller (MVC) menggunakan Framework JavaServer Faces (JSF) pada Web Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Proceedings: International Conference on Education Technology Strengthening (IC-ETS) 2011. State University of Malang.

Widiyanto, N. 2010. Membangun Aplikasi Java Enterprise dengan Arsitektur Model View Controller (MVC). Yogyakarta: Andi.

Utpatadevi, Sudana, dan Cahyawan. 2012. Implementation of MVC (Model- View-Controller) Architectural to Academic Management Information System with Android Platform Base. International Journal of Computer Applications. Vol. 57(8): 1-6.

Bauer, C., King, G. 2007. Java Persistence with Hibernate. New York: Manning Publications Co.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Scientific Journal of Informatics (SJI)
p-ISSN 2407-7658 | e-ISSN 2460-0040
Published By Department of Computer Science Universitas Negeri Semarang
Website: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/sji
Email: [email protected]

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.