PEMANFAATAN LIMBAH SISIK IKAN SEBAGAI AKSESORIS RAMBUT

Rini Ariska(1), Trisnani Widowati(2), Ade Novi Nurul Ihsani(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Limbah merupakan buangan hasil sisa aktifitas manusia yang sudah tidak dipakai lagi. Limbah sisik ikan dapat diolah lagi menjadi aksesoris rambut. Penelitian bertujuan mengetahui validitas pembuatan dan kelayakan produk aksesoris rambut. Metode penelitian adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data obervasi dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian uji inderawi nilai tertinggi 92% aksesoris B1 dan C2, nilai terendah 73% aksesoris B2. Uji kesukaan nilai tertinggi aksesoris A1,A3, dan C2 nilai 88%, nilai terendah C1 nilai 81%. Simpulan: produk limbah sisik ikan sebagai aksesoris rambut dinyatakan valid oleh ahli aksesoris,produk aksesoris rambut dari limbah sisik ikan telah dinyatakan semua layak melalui uji inderawi dan uji kesukaan. Saran: dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan dibidang kecantikan, warna pada aksesoris akan lebih baik menggunakan warna gradasi warna, teknik aksesoris dapat dikembangkan dan dikreasikan menjadi kerajinan lain, perlu dilakukan kembali penelitian yang menggunakan sisik ikan lain yang sisiknya lebih besar.

Keywords

Pemanfaatan Limbah; sisik ikan; aksesoris rambut

References

Prihandayani, Agustina. 2016. Pelatihan Keterampilan Membuat Aksesoris Rambut (Headpiece) dari Limbah Sisik Ikan bagi PKK Kutisari Indah Barat Surabaya. E-journal 5(3):51-58. UNESA. Surabaya: 30 Desember 2016 (10.14).

Purnawanti, Lina. 2011. Pintar Membuat Aksesoris Untuk Pemula. Jakarta: Laskar Aksara.

Rostamailis dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Triyanto. 2012. Aksesoris. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.