Efektivitas Modul Penataan Sanggul Modern dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Tata Kecantikan

Nadia Ika Maharani, Marwiyah Marwiyah, Trisnani Widowati

Abstract


Modul Penataan Sanggul Modern diharapkan dapat memberikan pembaharuan dalam proses belajar yang lebih kreatif dan dapat menambah motivasi belajar siswa yang dapat mempengaruhi prestasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan efektivitas dari modul penataan sanggul modern. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif presentase dengan desain penelitian one group pretest-posttest design, menggunakan populasi siswa SMK Negeri 1 Salatiga Tata Kecantikan Rambut kelas XII yang mengikuti mata pelajaran Penataan Sanggul Modern dan Kreatif berjumlah 27 siswa, sampel yang digunakan sampling jenuh dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan hipotesis­. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul penataan sanggul dalam katagori baik serta dapat meningkatkan hasil belajar.

Keywords


efektivitas; modul; meningkatkan; belajar

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2013). Penggunaan Modul sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran TIK pada Materi Microsoft Word Kelas V SDN Sarikarya. Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Informatika, 2(1), 20.

Basonggo, I., Tangkas, I. M., & Irwan, I. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SDN Meselesek. Jurnal Kreatif Online, 2(2).

Ellianawati, E., & Wahyuni, S. (2010). Pemanfaatan Model Self Regulated Learning sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Holec, H. (1981). Plaidoyer pour l'auto-evaluation (Avocating Student Self-Evaluation). Francais dans le Monde, 21(165), 15-23.

Sugiyono, P. Dr. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Wijaya, I., & Figna, H. P. (2017). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik)(Studi Kasus Sma Negeri 12 Padang). PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI UPI-YPTK, 4(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.