Kualitas Bakso Daging Ayam Hasil Pemanfaatan Putih Telur Limbah Praktek Mata Kuliah Pastry dan Bakery sebagai Bahan Pengenyal Alami Ditinjau dari Aspek Inderawi

Romiyatun Mijiling Astuti

Abstract


Kegiatan praktek dilaboratorium Pastry Bakery banyak  menghasilkan limbah putih telur yang belum dimanfaatkan. Putih telur dapat digunakan sebagai bahan pengenyal alami dalam proses pembuatan bakso. Bakso adalah salah satu bentuk olahan makanan berbentuk bulat yang umum terbuat dari daging yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung tapioka, putih telur, es batu, dan bumbu-bumbu (bawang putih, garam, dan merica). Berdasarkan alasan tersebut peneliti mengambil penelitian  “Kualitas Bakso Daging Ayam Hasil Pemanfaatan Putih Telur   Limbah Praktek Mata Kuliah Pastry dan Bakery Sebagai Bahan Pengenyal Alami  Ditinjau dari Aspek Inderawi”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan putih telur persentase 0%, 20%, 40%,dan 60% dari berat daging ditinjau dari aspek inderawi ( warna, aroma, rasa, dan tekstur) terhadap bakso  daging ayam. Objek dalam penelitian ini adalah bakso daging ayam dengan penambahan  putih persentase 0%, 20%, 40%,60% dari berat daging. Metode dan alat pengumpulan data penilaian subyektif dengan uji inderawi oleh panelis agak terlatih. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif persentase dan analisis varian dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjuk ada pengaruh penambahan putih telur dalam proses pembauatan bakso daging ayam terhadap warna, rasa, tekstur dan Tidak ada pengaruh terhadap aroma bakso hasil penelitian.

Keywords


bakso; daging ayam; putih telur; pengenyal alami

Full Text:

PDF

References


Bambang Kartika, D. K. K. (1998). Pedoman Uji Inderawi Bahan Pangan.

Kartika, B. dkk.1988. Pedoman Uji inderawi Bahan Pangan.Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Wibowo, Singgih. 2006. Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Penebar Swadaya. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.