Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Audio Visual dengan Media Kliping pada Siswa SMK Ibu Kartini Semarang

Noor Rohman, Saptariana Saptariana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari perbedaan hasil belajar media audio visual (video) yang akan digunakan pada pembelajaran, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar setelah diterapkannya media audio visual (video) dalam mempelajari kompetensi melayani makanan dan minuman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan model non equivalent control group design. Desain ini terdapat dua kelompok yang sudah dipilih, kemudian diberikan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Boga SMK IBU KATINI, sampel yang digunakan adalah kelas XII BOGA 1 dan kelas XII BOGA 2. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen angket validasi kelayakan alat peraga.. Hasil uji validasi kelayakan media diperoleh hasil sebesar 85,55%, dan hasil uji validasi kelayakan materi diperoleh hasil sebesar 80% atau dapat disimpulkan bahwa media audio visual (video) untuk mata pelajaran melayani makanan dan minuman “layak” digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis pretest dan posttest menerangkan bahwa hasil belajar kompetensi melayani makanan dan minuman mengalami perbedaan. Kelas kontrol dari hasil rata-rata pretest sebesar 39,33 pada posttest meningkat menjadi 66,00 atau mengalami peningkatan sebesar 26,67. Kelas eksperimen dari hasil rata-rata pretest sebesar 39,44 pada posttest meningkat menjadi 74,11 atau mengalami peningkatan sebesar 34,67. Kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata posttest yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji t posttest juga menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.


Keywords


hasil belajar;media audio visual

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Aziz dan Cholik. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Berbasis Komputer (Swish Max)Pada Materi Chasis Pokok Bahasan ABS (Anti Lock Brake System) Untuk Kelas XI SMKJurusan Teknik Kendaraan Ringan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. JPTM Volume 01 Nomor 03 Tahun 2013, 23-29.

Fuada. 2015. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Inovasi Pembelajaran Untuk Pendidikan Berkemajuan” FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pengujian Validitas Alat Peraga Pembangkit Sinyal (Oscillator) Untuk Pembelajaran Workshop Instrumentasi Industri. Available at http://www.researchgate.net/publication/287998335_PENGUJIAN_VALIDITAS_ALAT_PERAGA_PEMBANGKIT_SINYAL_OSCILATOR_UNTUK_PEMBELAJARAN_WORKSHOP_INSTRUMENTASI_INDUSTRI [accessed 4 Januari 2017].

Harjanto. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineke Cipta.

Jamroh. 2015. Penerapan Metode Alat Peraga Engines Cutting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Perawatan Dan Perbaikan Mesin Kelas X Di Smk Ypt Purworejo.Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Universitas Muhamadiyah Purworejo. Vol.06/No.02/Juni 2015.Available at http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/2306 [accessed 4 Januari 2017].

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di SD. Journal of Primary Educational. JPE 1 (2) (2012). Available at http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe[accesed 5 Juni 2016]. Cahaya Atma Pustaka, Yogyakarta.

Trubus, 2011. Cabai. Trubus swadaya, Jakarta. Matto, A K dan V. V. Modi, 1975.

Widianti, A. dan Suhardjono, 2010, Uji Toksisitas Akut Ekstrak Etanol Buah.

Winarno, F. G. 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta.

Winarno, F.G. 2008. Kimia Pangan dan Gizi : Edisi Terbaru. Jakarta. Gramedia.

Yuniwati, M, dkk. 2008. Pemanfaatan Enzim Papain sebagai Penggumpal dalam. Pembuatan Keju. Jakarta: PT. Gramedia.

Yuwanta, T. 2010. Telur dan Kualitas Telur. Fakultas Peternakan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.