Percobaan Substitusi Tepung Ketan dengan Rumput Laut Eucheuma cottonii dalam Pembuatan Dodol

Ifazatul Aliyah, Bambang Sugeng Suryatna

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui kualitas organoleptik dari dodol rumput laut ditinjau dari aspek tekstur, rasa, warna, dan aroma.  2) Untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap produk dodol yang dibuat dengan menggunakan rumput laut eucheuma cottonii. 3) Untuk mengetahui masa simpan produk dodol yang dibuat dengan menggunakan rumput laut eucheuma cottonii. Desain eksperimen yang digunakan adalah Desain Acak Lengkap. Metode pengumpulan data dengan penilaian uji inderawi, uji kesukaan, dan uji masa simpan. Analisis data dalam penelitian ini adalah ANAVA untuk uji inderawi yang dilanjutkan dengan uji Tukey, analisis deskriptif untuk uji kesukaan, dan direct method untuk mengetahui masa simpan produk. Hasil penelitian  1) Ada perbedaan kualitas inderawi pada dodol ketan substitusi rumput laut eucheuma cottonii ditinjau dari indikator tekstur, warna, dan aroma. Sedangkan pada indikator rasa tidak ada perbedaan. 2) Data uji kesukaan terhadap sampel dodol ketan substitusi rumput laut eucheuma cottonii menunjukkan bahwa sampel A1, A2, A3 dan A4 memiliki kriteria disukai. Nilai Rerata pada keseluruhan sampel dari yang tertinggi sampai terendah berturut-turut yaitu A3 dengan rerata 77%; A4 dengan rerata 76%; A1 dengan rerata 73%; dan A2 dengan rerata 73%. 3) Data uji masa simpan produk dodol tepung ketan substitusi rumput laut eucheuma cottonii menyatakan bahwa sampl A1 dan A2 memiliki kriteria masa simpan yang sama yaitu dengan kelayakan maksimal 7 hari, dan sampel A3 dan A4 memiliki kriteria maksimal 8hari.


Keywords


Dodol Ketan, substitusi, Rumput Laut, eucheuma cottonii.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1992. Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Rumput Laut. Penebar Swadaya. Jakarta. 99 Hlm.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Pt Rineka Cipta

Astuti, Santi Dwi., and Rifda Naufalin. Formulation and Characterization of Functional Biscuit Consisting of Canna Edulis, Kerr Resistant Starch Type III, Granulated Palm Sugar, and Soy Protein Concentrate. Purwokerto: General Soedirman University.

Astawan dan Wahyuni, 1991. Teknologi Pengolahan Pangan Nabati Tepat Guna.

Dalm Irawati, R,2001. Pembuatan Dodol Waluh (Kajian PenambahanTepung Ketan dan Terigu Serta Gula Pasir) Tehadap Sifat Fisik, Kimia dan 392 Organoleptik. Skripsi Fakulta Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya,

Malang.

Atmadja, W.S., Kadi, A., Sulistijo & Rachmaniar. 1996. Pengenalan jenisjenis rumput laut Indonesia. PUSLITBANG Oseanologi. LIPI, Jakarta.

Brornland, Terje. 1976. Carotenoid in Red Algae. Phytochemistry 15: 291-

Burtin, Patricia. 2003. Nutritional Value of Seaweeds. Electron. J.Environ. Agric. Food Chem. 2(4): 498-503

Dahuri, Rokhmin. 2005. Potensi Ekonomi Kelautan. Republika. 13 Desember 2005.

Darwin, Philips. 2013. Menikmati Gula Tanpa Rasa Takut. Yogyakarta: Sinar Ilmu.

Fatmawati, Harnani. 2013. Pengetahuan Bahan Makanan 1. Depok: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kartika, Bambang., Pudji Hastuti, Wahyu Supartono. Pedoman Uji Inderawi Bahan Pangan. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada

Palupi, NS. 2007. Modul Pengaruh Pengolahan terhadap Nilai Gizi Pangan. Bogor: Departemen Ilmu & Teknologi Pangan-Fateta-IPB 2007.

Retnowati, D. 2006. Pemanfaatan Terung sebagai Bahan Pembuatan Dodol. Skripsi Teknik Elektro , Fakultas teknik, Universitas Negeri Semarang.

Santosa, G.W. 2003. Budidaya Rumput Laut. Program Community College Industri Kelautan dan Perikanan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Standar Nasional Indonesia. 1992. Syarat Mutu Dodol. Badan Standardisasi Nasional. SNI 01-2973-1992.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Syamsuar. 2006. Karakteristik Karaginan Rumput Laut Eucheuma cottonii Pada Berbagai Umur Panen, Konsentrasi Koh Dan Lama Ekstraksi. Thesis. IPB. Bogor http://www.damandiri.or.id/file /sam suaripbbab2.pdf. Diakses 5 September 2014

Widjanarko, S. B., T. Susanto dan A. Sari., 2000. Penggunaan Jenis dan Proporsi Tepung yang Berbeda Bersifat Fisiko-Kimia dan Organoleptik Dodol Pisang Cavendish (Musa Paradisiaca L). Jurnal Makanan Tradisonal Indonesia. No.3. Vol.1: 50-54. Universitas Brawijaya. Malang.

Winarno, F. G. 1992. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.