PENERAPAN RUFFLES SEBAGAI MANIPULATING FABRIC PADA BUSANA PESTA

R. Annisa Ramadhini Fernandi, Cucu Ruhidawati

Abstract


Ruffels merupakan salah satu teknik manipulating fabric yang dibuat dari kain persegi yang dikerut sehingga menghasilkan visualisasi baru menjadi lebih pendek, bergelombang, dan bervolume. Pembuatan ruffles dapat dibuat dengan beberapa teknik berbeda sehingga menciptakan visualisasi yang berbeda pula. Dalam penggunaannya, ruffles dapat diaplikasikan pada busana pesta karena memberi kesan manis dan mewah pada penggunanya. Karena keunikan ruffles penulis terinspirasi untuk membuat busana pesta yang menerapkan tiga teknik ruffles sehingga menjadi sebuah kesatuan busana yang inovatif dan menarik. Tujuan perancangan produk busana ini adalah untuk mengembangkan keterampilan, memenuhi salah satu tugas mata kuliah kajian komperhensif tata busana dan juga memiliki pengalaman dalam menerapkan berbagai macam teknik dalam pembuatan ruffles pada busana pesta. Metode yang digunakan adalah project based learning. Manfaat dari penyusunan karya tulis ilmiah dan hasil penerapan diharapkan dapat memberi ide dan motivasi bagi masyarakat untuk terus berinovasi dalam menciptakan busana pesta yang berkarakter, indah, kreatif, dan inovatif.


Keywords


manipulating fabric, ruffles, busana pesta

Full Text:

PDF

References


Eltama, L, M. & Febriani, R. (2019). Resort Wear Design with Coral Bleaching as Inspiration and its Business Opportunities in Indonesia. 6th Bandung Creative Movement International Conference in Creative Industries 2019.

Limaran, N. (2018). Busana Pesta Malam Untuk Wanita Remaja Dengan Sumber Ide Rumah Adat Tongkonan Dalam Pergelaran Busana Movitsme. (Proyek Akhir). Teknik Busana, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Maulida, A. (2013). Pengaruh Perbandingan Jarak Antar Ruffles Terhadap Hasil Manipulating Fabric High Massed Ruffles Pada Sarung Bantal Kursi. E-Journal: Edisi Yudisium Periode Agustus 2013, 2, 101-106.

Nabila, S, A. & Puspitasari, F. (2017). Eksplorasi Struktur Gunung Es (Iceberg) Pada Busana Pesta Sore Dengan Teknik Ruffles. 128-138.

Parafitasari, F, S. & Siagian, M, C, S. (2019). Pengembangan Komposisi dan Desain Aplikasi Ruffle pada busana wanita. Jurnal ATRAT 7, 120-127.

Puspitawati, H. (2009). Pembuatan Busana Pesta Remaja Dengan Aksentuasi Ruffles. Tugas Akhir. Teknologi Jasa dan Produksi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Qastarin, A. & Siagian, C. (2019). Eksplorasi Organza Sebagai Material Utama Pada Perancangan Busana Pesta. Journal: e-Proceeding of Art & Design, 6, 273-293.

Shafei, N, E. & Maghrabi, L, A. (2019). Fabric Manipulation and its impact on Fashion Design Education (part 1). IOSR Journal of Research & Method in Education, 9, 43-52.

Singer, R. (2013). Fabric Manipulation 150 Creative Sewing Techniques. London: A DAVID & CHARLES BOOK.

Taryati, A. & Puspitasari, F. 2018. Eksplorasi Jamur Ganoderma Applanatum dengan Hiasan Ruffle Pada Busana Pesta Sore. Fashion Perspektif, 9, 96-108.




DOI: https://doi.org/10.15294/teknobuga.v9i1.24741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.