Batik Sumber Ide Ratu Kalinyamat dan Ornamen Masjid Mantingan Jepara

Icha Zulita Fadillah(1), Muh Fakhrihun Naam(2),


(1) Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang
(2) Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Ratu Kalinyamat sebagai tokoh wanita yang inspiratif dan fenomenal di Jepara dan peninggalan bangunan sejarah berupa ornamen yang ada di Masjid Mantingan menjadi ide dasar terciptanya karya batik tulis berupa jarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penciptaan motif batik dan mendeskripsikan hasil karya batik dengan sumber ide dari Ratu Kalinyamat dengan kereta kencana dan ornamen masjid makam Mantingan Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (RnD). Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan juru kunci dan expert judgement, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode kualitatif deskriptif meliputi reduksi data dari narasumber dan expert judgement, display data berupa deskripsi atau narasi karya, kesimpulan atau verifikasi.  Hasil penelitian karya batik berjudul “Sang Ratu dan Kereta Kencana Penikmat Senja” pada bahan katun primissima dengan teknik batik tulis yang terdiri tahap mencuci kain, molani, nyanting, nemboki, nyolet, nglorod, dan pengemasan. Teknik pewarnaan colet menggunakan pewarna remasol dan fiksasi waterglass, karya batik dideskripsikan berdasarkan unsur dan prinsip desain yang meliputi aspek estetika , aspek bahan, aspek fungsional, aspek kualitas, dan aspek simbolik.

Keywords

Batik; motif batik; Kalinyamat; ornamen Masjid Mantingan; Jepara

Full Text:

PDF

References

Achmad, S. W. (2020). Melacak gerakan perlawanan dan laku spiritualitas Ratu Kalinyamat (Vol. 39). Araska Publisher.

Chusnul, H. (2010). RATU KALINYAMAT: RATU JEPARA YANG PEMBERANI. Citra Leka dan Sabda.

Fadlilah, E. N., & Na'am, M. F. (2020). Legenda Tokoh Jepara sebagai Ide Dasar Penciptaan Motif Batik untuk Mengenal Sejarah dan Kearifan Lokal Jepara. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 8(1), 49-56.

Hayati, C., Yulianti, D., & Sugiyarto, S. (2000). Peranan Ratu Kalinyamat di Jepara pada abad xvi. Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Hidayah, N. S. (2017). ANALISIS POTENSI EKONOMI DAERAH DALAM PENGEMBANGAN KOMODITI UNGGULAN DI KABUPATEN JEPARA (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).

Mukti, A. J. N., & Sulistyo, W. D. (2019). Pergolakan Politik Kasultanan Demak Dan Ambisi Arya Penangsang Sebagai Sultan Demak Ke-4 Tahun 1546-1549. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 69-78.

Naam, M. F. 2019. Pertemuan Antara Hindu, Cina, dan Islam pada Ornamen Masjid dan Makam Mantingan, Jepara. Yogyakarta: Samudera Biru.

Nizam, A. (2013). Transformasi Bentuk dan Makna Ragam Hias Indonesia.

Parmono, K. (2013). Nilai kearifan lokal dalam batik tradisional Kawung. Jurnal Filsafat, 23(2), 134-146.

Priasmara, S., Nugroho, M. P., & Riza Zahrul Islam, S. T. M. T. (2013). Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Perancangan Hutan Pinus Batealit Sebagai Kawasan Wisata Alam Edukasi Di Jepara Pendekatan Pada Green Architecture (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ramadhan, I. (2013). Cerita batik. Literati.

Rejeki, S. K. (2019). Peranan Ratu Kalinyamat dalam Perkembangan Kota Jepara (1549-1579). Sosio E-Kons, 11(2), 174-182.

Rochman, K. L. (2015). SPIRITUALITAS-EROTIS RATU KALINYAMAT [MENAFSIR SIMBOL KECANTIKAN, SEKSUALITAS DAN BIRAHI YANG TERKAIT DENGAN MITOS TOPO WUDHO, WIT JATI BOLONG DAN PELACUR KERATON TERHADAP PILIHAN HIDUP PRAGMATISME-HEDONIS PEREMPUAN JEPARA]. Jurnal Penelitian Agama, 16(1), 50-67.

Said, N. (2013). Spiritualisme Ratu Kalinyamat: Kontroversi Tapa Wuda Sinjang Rambut Kanjeng Ratu di Jepara Jawa Tengah. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 15(2), 105-123.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode penelitian tindakan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprianingsih, S. (2020). PERANCANGAN SIGN SYSTEM TAMAN WISATA HAIROS INDAH. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 6(1), 79-91.

WINARTO, D. T. (2019). ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP ORNAMEN MASJID MANTINGAN TAHUNAN JEPARA (Doctoral dissertation, UNISNU Jepara).

Yogyanto, R. N. (2017). PERAN RADEN PATAH DALAM MENGEMBANGKAN AGAMA ISLAM DI DEMAK TAHUN 1478-1518. Prodi Pendidikan Pendidikan Sejarah Universitas PGRI Yogyakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.