PENGARUH PENGGUNAAN SUHU PENGOVENAN TERHADAP KUALITAS ROTI MANIS DILIHAT DARI ASPEK WARNA KULIT, RASA, AROMA DAN TEKSTUR

Romiyatun Mijiling Astuti(1),


(1) PKK, Fakultas Teknik UNNES

Abstract

Roti adalah makanan yang terbuat dari bahan utama tepung terigu, yeast, garam dan air serta bahan tambahan lain seperti gula, margarin, telur, susu dan lainnya. Roti manis merupakan salah satu jenis roti yang mempunyai cita rasa manis yang menonjol serta bertekstur empuk dengan atau tanpa isian.

Pembuatan roti manis melalui beberapa tahapan  yaitu di mulai dari pemilihan bahan baku,        penimbangan        bahan,        pangadukan,        istirahat        sementara,

pemotongan/pembagian dan penimbangan, pembulatan, istirahat sementara setelah

dibulatkan, pembentukan, pencetakan adonan dalam loyang, fermentasi akhir, pengovenan,    pengeluaran    dari    loyang,    proses    pendinginan,    pengemasan.

Pengovenan merupakan proses terpenting dalam pembuatan roti. Suhu dan waktu

yang dibutuhkan dalam   pengovenan bervariasi sesuai dengan jenis roti, besar adonan, dan loyang yang dipergunakan dalam pengovenan. Untuk menentukan suhu dan  berapa  lama  waktu  yang  dibutuhkan  agar  bisa  menghasilkan  roti  yang

berkualitas baik diperlukan penelitian.

Obyek penelitian ini adalah roti manis dengan penggunaan suhu pengovenaan api bawah 200occ dan api atas 150occ; 180occ; 210occ selama 30 menit. Metode pengumpulan data dengan penilaian subyektif dengan uji inderawi dan uji kesukaan.

Alat pengumpulan data yaitu panelis agak terlatih untuk uji inderawi dan panelis tidak terlatih untuk uji kesukaan. Metode analisis data yang digunakan   adalah analisa varian satu arah untuk mengetahui perbedaan kualitas dan analisis deskriptif persentasi untuk uji kesukaan.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penggunaan suhu pengovenan terhadap kualitas roti manis.

Saran dari penelitian ini perlu diadakan penelitian lebih lanjut mengenai lamanya waktu yang digunakan dalam pengovenan.

Keywords

Suhu, Oven, Kualitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.