RUMAH PUSPO BUDAYA NUSANTARA SEBAGAI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI TARI NUSANTARA
(1) 
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian adalah turut serta memublikasikan keragaman budaya nusantara, sebagai model penyelenggaraan pendidikan karakter bagi anak dan remaja berbasis budaya kearifan lokal. Kajian ini menunjukkan melalui pesan moral seni tari perlu ditranformasikan dan diimplementasikan baik pada substansi maupun model pembelajaran yang mengakui dan menghormati keanekaragaman dan karakter budaya di masyarakat. Rumah Puspo Budaya Nusantara telah memiliki andil dalam mencerdasakan kehidupan bangsa melalui model pendidikan karakter anak dan remaja khususnya melalui ketrampilan seni tari nusantara. Hal ini terbukti melalui fasilitas yang dimiliki Rumah Puspo Budaya Nusantara senantiasa terbuka untuk umum bagi pegiat seni budaya. Eksistensi Rumah Puspo Budaya Nusantara melalui pendidikan informal maupun formal yang diselenggarakan dapat dikatakan mampu membentuk karakter anak dan remaja. Secara sadar maupun tidak sadar, pendidikan karakter mengacu pada; etika, moral, nilai, religius, budi pekerti, dan pendidikan karakter itu sendiri. Untuk itu, pendidikan baik formal, informal, dan non-formal pada hakekatnya memiliki dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi cerdas dan pintar (smart), dan membantu menjadi manusia yang baik (good).
Â
Keywords
References
Agustian, Ary Ginanjar. 2007. ESQ:
Emotional, Spiritual Quotient.
Jakarta: Penerbit Arga
Budimansyah, Dasim. 2011. Pendidikan
Karakter; Nilai Inti bagi upaya
Pembinaan Kepribadian Bangsa.
Bandung: Widaya Aksara Press.
Creswell, J. W. 2010. Designing and
Conducting Mixed Methods
Research. Thousand Oak: Sage
Publication Inc.
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Bagian I:
Pendidikan. Yogyakarta: Majelis
Luhur Persatuan Taman Siswa.
Elmubarok, Z. 2008. Membumikan
Pendidikan Nilai. Bandung:
Alfabeta.
Gunawan, Heri. 2012 Pendidikan
Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Gustur Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter: Tujuan Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamidi. 2004. Metode Penelitian
Kualitatif-Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Pres
Haviland, William. A. 1993. Antropologi
Jilid 1-2. Jakarta: Erlangga
Herusatoto, Budiono. 2001. Simbolisme
Budaya Jawa. Yogyakarta:
Hanindita
Kemendiknas. 2010. Pengembangan
Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa, Pedoman Sekolah.
Jakarta: Kemendiknas.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa. Jakarta: Balitbang
Puskum.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.
Pedoman Pelaksanaan Pendidikan
Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan
Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
______________. 1989. Manusia dan
Kebudayaan di Indonesia. Jakarta:
Djambatan.
Koesoema, Doni A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kotter, John P. & Heskett, James L. 1998.
Corporate Culture and
Performance. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT Prehalindo.
Kuntowijoyo. 1995. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana
Lickona, Thomas. 2015. Educating for
Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. 1987. Character Development in the Family. Dalam. Ryan, K. &
McLean, G.F. Character development in schools and beyond: 253-273. New York: Praeger.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. New York: Bantam Book.
Kemdiknas. 2010. Laporan Sarasehan
Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (tidak diterbitkan), Hotel Bumikarsa, Kompleks Bidakara. Jakarta: Kemdiknas.
Megawangi, Ratna. 2007. Character
Parenting Space. Publishing House Bandung: Mizan.
Mering, Ngo. 2002. Kemajemukan dan
Keanekaragaman: Menggagas Transformasi Konflik Sosial dan Politik. Jakarta: Yayasan Sains Estetika dan Teknologi.
Miles dan Huberman. 2010. Qualitative Data Analysis. United States of Amerika: SAGE Publications.
Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nuraeni, Heny Gustini. 2013. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
Zuriah, Nurul dkk. 201. Pendidikan
Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press
Rakhmat, Cece. 2015. Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis
Budaya dalam Menghadapi
Tantangan Modernisasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional di Institut Hindu Dharma Negeri, Bali.
Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia
Samani, M. dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan
Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tilaar, H. A. R. 1999. Pendidikan,
Kebudayaan, dan Masyarakat
Madani Indonesia, Strategi
Reformasi Pendidikan Nasional.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan,
Kebudayaan dan Masyarakat
Madani Indonesia. Jakarta:
Remaja Rosdakarya.
Vikas, Gora. 2011. Humanist Education in
Developing Countries. Rotterdam:
Sense Publishers.
Yusdi, Ahmad. 2008. Manusia Sebagai
Makluk Budaya. Makalah dalam
Pelatihan Nasional Dosen MBB,
Surabaya: Kemendikbud
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan
Karakter (Konsepsi dan
Aplikasinya dalam Lembaga
Pendidikan). Jakarta: Penerbit Kencana.
Budimansyah, D. 2007. Pendidikan Demokrasi Sebagai Konteks Civic
Education di Negara-negara Berkembang, Jurnal Acta Civicus, Vol.1 No.1, hlm.11-26.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas.
Djazifah. Nur ER, Mulyadi, dan S. Wisni Septiarti. Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya pada Lembaga Pendidikan Non-Formal di daerah Istimewa Yogyakarta.
JURNAL PENELITIAN ILMU
PENDIDIKAN, Volume 8, Nomor
, September 2015. Universitas Berbasis Budaya Lokal (Studi
Negeri Yogyakarta. Hal. 28-38 Kasus Pada SMA Negeri 1 Wera
Kertajaya, Hermawan. 2017. Kab. Bima). Jurnal PPKn Jakultas
Implementasi Pendidikan Karakter Ilmu Sosial Universitas Negeri
Berbasis Masyarakat pada Malang. Hal 35-45
Kegiatan Student Exchange SD Sultoni, Achmad. 2016. Pendidikan
Muhammadiyah Paesan Karakter dan Kemajuan Negara:
Pekalongan. Jurnal Pendidikan Studi Perbandingan Lintas Negara.
Agama Islam -Ta’lim Vol. 15 No. JOIES: Journal of Islamic
Universitas Muhammadiyah Education Studies. Universitas
Purworejo, hal. 115-119 Negeri Malang. Volume 1, Nomor
Kompas, 29 Maret 2014 1, Juni 2016; p-ISSN 2540-8070,
Kompas, 19 April 2014 e-ISSN 2541-173X. Hal. 185-207
Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan
Anak Melalui Permainan Anak Pendidikan Karakter dan Budaya
Tradisional. Jurnal Pendidikan Bangsa Berwawasan Kearifan
Karakter, Tahun III, Nomor 1, Lokal. Jurnal Pendidikan
Februari 2013. FP Universitas Karakter, FBS Universitas Negeri
Negeri Makassar. Hal. 87-103 Malang. Tahun II, Nomor 1,
Nuraini, Intan. dan A. Aco Agus. 2012. Februari 2012. Hal. 1-13
Penerapan Pendidikan Karakter
Agustian, Ary Ginanjar. 2007. ESQ:
Emotional, Spiritual Quotient.
Jakarta: Penerbit Arga
Budimansyah, Dasim. 2011. Pendidikan
Karakter; Nilai Inti bagi upaya
Pembinaan Kepribadian Bangsa.
Bandung: Widaya Aksara Press.
Creswell, J. W. 2010. Designing and
Conducting Mixed Methods
Research. Thousand Oak: Sage
Publication Inc.
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Bagian I:
Pendidikan. Yogyakarta: Majelis
Luhur Persatuan Taman Siswa.
Elmubarok, Z. 2008. Membumikan
Pendidikan Nilai. Bandung:
Alfabeta.
Gunawan, Heri. 2012 Pendidikan
Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Gustur Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter: Tujuan Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hamidi. 2004. Metode Penelitian
Kualitatif-Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Pres
Haviland, William. A. 1993. Antropologi
Jilid 1-2. Jakarta: Erlangga
Herusatoto, Budiono. 2001. Simbolisme
Budaya Jawa. Yogyakarta:
Hanindita
Kemendiknas. 2010. Pengembangan
Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa, Pedoman Sekolah.
Jakarta: Kemendiknas.
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter
Bangsa. Jakarta: Balitbang
Puskum.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011.
Pedoman Pelaksanaan Pendidikan
Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan
Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Koentjaraningrat. 1997. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
______________. 1989. Manusia dan
Kebudayaan di Indonesia. Jakarta:
Djambatan.
Koesoema, Doni A. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kotter, John P. & Heskett, James L. 1998.
Corporate Culture and
Performance. Terjemahan Benyamin Molan. Jakarta: PT Prehalindo.
Kuntowijoyo. 1995. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: Tiara Wacana
Lickona, Thomas. 2015. Educating for
Character; Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. 1987. Character Development in the Family. Dalam. Ryan, K. &
McLean, G.F. Character development in schools and beyond: 253-273. New York: Praeger.
Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character. New York: Bantam Book.
Kemdiknas. 2010. Laporan Sarasehan
Nasional Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (tidak diterbitkan), Hotel Bumikarsa, Kompleks Bidakara. Jakarta: Kemdiknas.
Megawangi, Ratna. 2007. Character
Parenting Space. Publishing House Bandung: Mizan.
Mering, Ngo. 2002. Kemajemukan dan
Keanekaragaman: Menggagas Transformasi Konflik Sosial dan Politik. Jakarta: Yayasan Sains Estetika dan Teknologi.
Miles dan Huberman. 2010. Qualitative Data Analysis. United States of Amerika: SAGE Publications.
Ndraha, Taliziduhu. 1997. Budaya Organisasi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nuraeni, Heny Gustini. 2013. Studi Budaya di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia
Zuriah, Nurul dkk. 201. Pendidikan
Karakter Berbasis Budaya Akademik, Religius Manusiawi. Malang: UMM Press
Rakhmat, Cece. 2015. Menyemai Pendidikan Karakter Berbasis
Budaya dalam Menghadapi
Tantangan Modernisasi. Disampaikan dalam Seminar Nasional di Institut Hindu Dharma Negeri, Bali.
Ranjabar, Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia
Samani, M. dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Pendidikan Karakter: Konsep dan
Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Tilaar, H. A. R. 1999. Pendidikan,
Kebudayaan, dan Masyarakat
Madani Indonesia, Strategi
Reformasi Pendidikan Nasional.
Bandung: Remaja Rosdakarya
Tilaar, H. A. R. 2002. Pendidikan,
Kebudayaan dan Masyarakat
Madani Indonesia. Jakarta:
Remaja Rosdakarya.
Vikas, Gora. 2011. Humanist Education in
Developing Countries. Rotterdam:
Sense Publishers.
Yusdi, Ahmad. 2008. Manusia Sebagai
Makluk Budaya. Makalah dalam
Pelatihan Nasional Dosen MBB,
Surabaya: Kemendikbud
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan
Karakter (Konsepsi dan
Aplikasinya dalam Lembaga
Pendidikan). Jakarta: Penerbit Kencana.
Budimansyah, D. 2007. Pendidikan Demokrasi Sebagai Konteks Civic
Education di Negara-negara Berkembang, Jurnal Acta Civicus, Vol.1 No.1, hlm.11-26.
Depdiknas. 2003. Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Dokumentasi Depdiknas.
Djazifah. Nur ER, Mulyadi, dan S. Wisni Septiarti. Analisis Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya pada Lembaga Pendidikan Non-Formal di daerah Istimewa Yogyakarta.
JURNAL PENELITIAN ILMU
PENDIDIKAN, Volume 8, Nomor 98
, September 2015. Universitas Berbasis Budaya Lokal (Studi
Negeri Yogyakarta. Hal. 28-38 Kasus Pada SMA Negeri 1 Wera
Kertajaya, Hermawan. 2017. Kab. Bima). Jurnal PPKn Jakultas
Implementasi Pendidikan Karakter Ilmu Sosial Universitas Negeri
Berbasis Masyarakat pada Malang. Hal 35-45
Kegiatan Student Exchange SD Sultoni, Achmad. 2016. Pendidikan
Muhammadiyah Paesan Karakter dan Kemajuan Negara:
Pekalongan. Jurnal Pendidikan Studi Perbandingan Lintas Negara.
Agama Islam -Ta’lim Vol. 15 No. JOIES: Journal of Islamic
Universitas Muhammadiyah Education Studies. Universitas
Purworejo, hal. 115-119 Negeri Malang. Volume 1, Nomor
Kompas, 29 Maret 2014 1, Juni 2016; p-ISSN 2540-8070,
Kompas, 19 April 2014 e-ISSN 2541-173X. Hal. 185-207
Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Suyitno, Imam. 2012. Pengembangan
Anak Melalui Permainan Anak Pendidikan Karakter dan Budaya
Tradisional. Jurnal Pendidikan Bangsa Berwawasan Kearifan
Karakter, Tahun III, Nomor 1, Lokal. Jurnal Pendidikan
Februari 2013. FP Universitas Karakter, FBS Universitas Negeri
Negeri Makassar. Hal. 87-103 Malang. Tahun II, Nomor 1,
Nuraini, Intan. dan A. Aco Agus. 2012. Februari 2012. Hal. 1-13
Penerapan Pendidikan Karakter
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats