Kearifan Lokal Dalam Tradisi Gebyag Cah Angon
(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, I. (2012). Neloni, Mitoni Atau Tingkeban: Perpaduan antara Tradisi Jawa dan Ritualitas Masyarakat Muslim. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 19(2), 238–247.
Ambarsari, F., & Widodo, P. (2012). Implementasi unsur tradisi dan kebudayaan Batak dengan pendekatan modern dalam perancangan interior Museum Ulos Sumatera Utara. Interior Design, 1(1), 1–6.
Brata, I. (2016). Kearifan budaya lokal perekat identitas bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), 9–16.
Creswell, J. (2010). Research design; pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Pustaka Pelajar.
Creswell, JW. (2015). Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Kualitatif dan Kuantitatif. Pustaka Pelajar.
Endraswara, S. (2006). Mistisisme dalam Seni Spiritual Bersih Desa. Kejawen: Jurnal Kebudayaan Jawa, 1(2), 38–50.
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123– 130.
Jones, P. (2009). Pengantar Teori-Teori Sosial. Yayasan Obor Indonesia.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books.
Margahana, H., & Triyanto, E. (2019). Membangun Tradisi Enterpreneurship Pada Masyarakat. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(2), 300–309.
Nopianti, R. (2016). Leuit Si Jimat: Wujud Solidaritas Sosial Masyarakat di Kasepuhan Sinarresmi. Patanjala, 8(2), 219–234.
Purwaningsih, E. (2006). Permainan tradisional anak: salah satu khasanah budaya yang perlu dilestarikan. Jentra: Jurnal Sejarah Dan Budaya, 1(1), 40–46.
Rachman, M. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Moral. UNNES Press.
Radcliffe-Brown, A. (1972). Structure and function in primitive society: Essay and addresses. Routledge & Kegan Paul.
Rohani, R. (2016). Urgensi Pembinaan Tanggung Jawab Warga Negara Melalui Community Civics. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(2), 221–234.
Scott, J. (2011). Sosiologi The Key Concepts. Rajawali Press.
Spradeley, J. P. (2006). Metode Etnografi. Tiara Wacana.
Sumarmi, S., & Amiruddin, A. (2014). Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal. Aditya Medai Publishing.
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Utari, U., & Degeng, I. (2017). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44.
Wardhani, N. (2013). Pembelajaran Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Penguat Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 56–66.
Wardhani, N., & Noorrochmat, I. (2016). Revolusi Mental Dalam Cerita Babad Alas Wanamarta. Jurnal Civics, 13(2), 187.
Winataputra, U. (2006). Multikulturalisme- Bhineka Tunggal Ika dalam Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Acta Civicus, 2(1), 1009– 1027.
Yunus, R. (2013). Transformasi nilai-nilai budaya lokal sebagai upaya pembangunan karakter bangsa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 67–79.
Yusof, A. (2016). Relasi Islam dan budaya lokal: Studi tentang tradisi Nyadran di desa Sumogawe kecamatan Getasan kabupaten Semarang. IAIN Tulungagung Research Collections, 4(1), 51–74.
Zuriah, N. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Sebagai Wahana Pendidikan Hukum dan Kesadaran Berkonstitusi. Jurnal Wawasan Yuridika, 23(2), 207–222.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats