Civic Engagement Siswa dalam Masa Pandemi Covid 19 (Suatu Studi di SMK Telkom Purwokerto)

Aulia Sholichah Iman Nurchotimah(1),


(1) Institut Teknologi Telkom Purwokerto

Abstract

Siswa yang merupakan bagian dari warga negara Indonesia tentunya dituntut untuk memiliki keterlibatan sebagai warga negara untuk bekerjasama dalam mengatasi pandemi Covid- 19. Untuk itu sangat menarik mengkaji lebih dalam mengenai civic engagement siswa dalam menghadapi pandemi Covid-19 di SMK Telkom Purwokerto yang juga sebagai sekolah yang terdampak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Bagaimana bentuk civic engagement siswa SMK Telkom Purwokerto. Informan penelitian ini adalah siswa dan guru SMK Telkom Purwokerto. Observasi, wawancara dan dokumentasi serta studi literatur digunakan sebagai metode pengumpulan data. Data dianalisis dengan  mereduksi data, kemudian penyajian data, verifikasi serta penarikan kesimpulan. Validitas data penelitian menggunakan trianggulasi sumber dan waktu.  Hasil penelitian adalah adanya civic engagement siswa SMK Telkom Purwokerto di masa pandemi Covid- 19 yaitu civic engagement secara individu dan kolektif atau dalam sebauah komunitas. Simpulan penelitian adalah bentuk civic engagement siswa SMK Telkom dimasa pandemi Covid- 19 dilakukan dengan berbagai macam bentuk kegiatan baik kegiatan dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah

Keywords

Civic Engagement Siswa Covid 19

Full Text:

PDF

References

Augsberger, A., Collins, M. E., Gecker, W., & Dougher, M. (2018). Youth Civic Engagement: Do Youth Councils Reduce or Reinforce Social Inequality? Journal of Adolescent Research, 33(2), 187–208. https://doi.org/10.1177/0743558416684957

Citra, M. E. A., & Arthani, N. (2020). Peranan Ibu Sebagai Pendamping Belajar Via Daring Bagi Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional …. Retrieved from http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/prosidingwebinarwanita/article/view/1243

Crowley, C., & Fleury, A. (2019). Educating for Empathy: Literacy Learning and Civic Engagement. Michigan Reading Journal, 51(2), 13.

de Zúñiga, H. G., Copeland, L., & Bimber, B. (2014). Political consumerism: Civic engagement and the social media connection. New Media and Society, 16(3), 488–506. https://doi.org/10.1177/1461444813487960

Doolittle, A., & Faul, A. C. (2013). Civic engagement scale: A validation study. SAGE Open, 3(3), 1–7. https://doi.org/10.1177/2158244013495542

Ekman, J., & Amnå, E. (2012). Political participation and civic engagement: Towards a new typology. Human Affairs, 22(3), 283–300. https://doi.org/10.2478/s13374-012-0024-1

Farid, M. (2020). Paradigma Bela Negara dalam Pendidikan Kewarganegaraan pada Era Pascareformasi. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 4(2), 383–398.

Gusmadi, S. (2018). Keterlibatan Warga Negara (Civic Engagement) dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 105–117. https://doi.org/10.32923/maw.v9i1.718

InfoDev, I. f. (2013). Crowdfunding’s Potential for Developing World. Washington DC: Word Bank.

Jacoby, B. (2009). Civic Engagement in Higer Education: Concepts and Practices. United States: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Januar Mahardhani, A. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(2), 65–76. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76

Juliani, R. (2017). Media Sosial Ramah Sosial Vs Hoax. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 8(2), 136–149. Retrieved from http://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tanzir/article/view/72

Lin, A. (2015). Citizenship education in American schools and its role in developing civic engagement: a review of the research. Educational Review, 67(1), 35–63. https://doi.org/10.1080/00131911.2013.813440

Martens, H., & Hobbs, R. (2015). How Media Literacy Supports Civic Engagement in a Digital Age. Atlantic Journal of Communication, 23(2), 120–137. https://doi.org/10.1080/15456870.2014.961636

Muhibbin, A., & Sumardjoko, B. (2016). Model pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis isu-isu kontroversial di media massa untuk meningkatkan sikap demokrasi mahasiswa dan implikasinya bagi masyarakat madani. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 1–10.

Nurchotimah, A. S. I. (2020). The Forms of Political Participation in General Elections by Beginner Voters. Journal of Etika Demokrasi, 5(2), 235–244.

Palupi, T. N. (2020). Tingkat Stres pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar dalam Menjalankan Proses Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Tingkat Stres Pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Dalam Menjalankan Proses Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid-19, 9(2), 18–29.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Sarkadi, S., & Syarifa, S. (2020). Video Edukasi Covid-19 Bagi Masyarakat Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Warga Negara yang Baik. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 238–247. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13880

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wray-Lake, L., DeHaan, C. R., Shubert, J., & Ryan, R. M. (2019). Examining links from civic engagement to daily well-being from a self-determination theory perspective. Journal of Positive Psychology, 14(2), 166–177. https://doi.org/10.1080/17439760.2017.1388432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats