ANALISIS MODEL PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SMA N 1 MALANG
(1) 
(2) Universitas Sriwijaya
Abstract
Perkembangan pendidikan abad 21 tidak hanya menitikberatkan pada pembangunan kemampuan intelektual melainkan juga pada pembangunan karakter. Ketercapaian nilai-nilai pendidikan karakter dalam pendidikan nasional merupakan tanggung jawab bersama dan sebuah cita-cita luhur bangsa. Keterlibatan banyak pihak dalam mendukung keberhasilan tersebut merupakan sebuah kebutuhan. Dalam hal ini, pemerintah sebagai penentu arah kebijakan tidak bisa berjalan sendiri tanpa peran sekolah dan guru sebagai pelaksana kebijakan di tingkat akar rumput. Guru sebagai tenaga profesional memiliki peran sentral dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis pada penguatan nilai karakter mengingat guru memiliki tugas utama antara lain sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, dan pengarah bagi siswa. Dalam hal ini, guru berperan sebagai role model penguatan nilai karakter di sekolah. Penguatan pendidikan karakter di lingkungan sekolah dapat diintegrasikan dalam beberapa pendekatan, salah satunya ialah kegiatan proses belajar mengajar pada setiap mata pelajaran.Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka cipta.
Asri, Budiningsih. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak Pada Karateristik Siswa dan Budaya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Budimansyah, Dasim. 2010. Aktualisasi Pendidikan Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press
Bugin, Burhan. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: raja Garafindo Persada
Hamidi, 2007. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.
Kartadinata, Sunaryo. 2010. Mencari Bentuk Pendidikan Karakter Bangsa. http://file.upi. edu/ Direktori/ A-Fip/Jur. Psokologi Dan Bimbingan/ 195003211974121-Sunaryo Kartadinata/pdf. (online) diakses tanggal 30 Oktober 2013
Lickona, Thomas. 2012. Educating for Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Mariati, Purnama.dkk. 2010. Peranan Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembentukan Karakter Calon Guru. Bandung: Widya Aksara Press
Moleng, Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulhan, Najib. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter: Sinergi antara Sekolah dan Rumah dalam Membentuk Karakter Anak. Surabaya: PT. Temprina Media Grafika
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Gede, Raka I. 2007. Pendidikan Untuk Mambangun Karakter. FTI Institut Teknologi Bandung. Bandung
Ubaedillah, A, dkk.2008. Demokrasi Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta:ICCE UIN Syarif Hidayatullah
Rahmad. 2010. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membangun karakter bangsa (Nation and Character Building). Bandung: Laboratoriun Pendidikan Kewarganegraan FPIPS UPI.
Wiyono, Suko.dkk, 2012. Implementasi Model Pembelajaran Berkarakter Bangsa. Malang: Universitas Wisnuwardana Malang Press
Zuriah, Nurul. 2009. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View Integralistik Stats