Ketahanan Nasionalisme Generasi Muda Simeulue di Era Globalisasi

Roni Hidayat(1),


(1) STAIN Teungku Dirundeng Meulabo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat realitas membangun ketahanan nasionalisme generasi muda di tengah arus globalisasi. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitiatif untuk memahami gejala-gejala sosial di masyarakat. Dari penjelasna tersebut maka Penelitian ingin menganlisis ketahanan semangat nasionalisme generasi muda di SMA Kabupaten Simuelue di era globalisasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru Pendidikan Kewarganrgaraan yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data yang pakai ialah Teknik observasi dan wawancara. Dan teknik analisis datanya menggunakan tiga pendekatan yaitu reduksi data, display data dan verifikatif. Hasil penelitian menggambarkan lemahnya semangat nasionalisme diakibatkan oleh kuatnya arus globalisasi budaya asing yang mendegradasi semangat nasisonalisme generasi muda. Upaya membangun ketahananan semangat nasionalisme pada generasi muda dapat dilakukan dengan cara merekontruksikan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai manifestasi semangat nasionalisme bernegara pada generasi muda sehingga tumbuh kecintaan pada budaya bangsa Indonesia dan menjadi modal mewujudkan cita-cita nasiona. sebagai warga global dan meningkatkan budaya literasi kewarnegaraan yang dilakukan melalui pendidikan kewarganegaraan di sekolah dengan membentuk civic knowledge, civic skils, dan civic disposition sehingga terbentuknya generasi Indonesia yang smart and good citizen.

The purpose of this study is to examine the reality of developing nationalism resilience in the younger generation in the age of globalization. This study is a qualitative descriptive study designed to better understand social phenomena in society. It seeks to analyze the resilience of youth nationalism in the era of globalization of high school students in Simuelue District. The subjects in this study were 10 Citizenship Education teachers. Observations and interviews are used in data collection techniques. While the data were analyzed using three approaches, namely data reduction, data display and verification. The study's findings show that the poor spirit of nationalism is driven by powerful currents of globalization of other cultures, which are weakening the younger generation's spirit of nationalism. Efforts to maintain the spirit of nationalism in the younger generation can be carried out by reconstructing Pancasila values as a manifestation of the spirit of state-nationalism in the younger generation, so that a compassion for Indonesian culture grows and becomes a capital for realizing national aspirations as global citizens, and increasing a culture of civic literacy that is inclusive. This is accomplished through civic education in schools, which develops civic knowledge, civic skills, and civic disposition in order to raise a generation of Indonesians who are knowledgeable and excellent citizens.

Keywords

Resilience, Nationalism, Globalization

Full Text:

PDF

References

Agus, E. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. IURIS STUDIA: Jurnal Kajian Hukum, 2(1), 26–33. http://jurnal.bundamediagrup.co.id/index.php/iuris https://doi.org/10.55357/is.v2i1.75

Asyari, D., & Anggraeni Dewi, D. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan bagi Generasi Milenial dalam Menanamkan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Dan Konsling, 3(2), 30–41.

Bachri, S., & Tarmizi, H. (2021). Nasionalisme dalam Perspektif Hukum Maqasid Al-Syariah]| 59 MODERATION. Journal of Islamic Studies Review, 1(2), 59–68. http://journal.adpetikisindo.or.id/index.php/moderation/index

Esti Swatika Sari dan Setyawan Pujiono. (2017). BUDAYA LITERASI DI KALANGAN MAHASISWA FBS UNY. LITERA, 16(1), 105–113. https://doi.org/10.21831/ltr.v16i1.14254

Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019

Fimansyah, W., & Kumalasari, D. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KEBANGSAAN YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 10(2), 88–102. https://doi.org/10.21831/istoria.v11i1.5766

Humaeroh, S., & Dewi, A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 03(03), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381

Mellinda Fatimah, M., Abdulkarim, A., & Iswandi, D. (2020). INCREASING STUDENTS UNDERSTANDING OF NATIONAL INSIGHTS THROUGH DIGITAL LITERACY IN CIVIC EDUCATION LEARNING. Jurnal Civicus, 20(1), 31–39.

Mifdal Zusron Alfaqi. (2015). MEMAHAMI INDONESIA MELALUI PRESPEKTIF NASIONALISME, POLITIK IDENTITAS, SERTA SOLIDARITAS. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 28(2), 111–116. http://dx.doi.org/10.17977/jppkn.v28i2.5451

Muhammad Tachyudin, H. C. dan P. S. U. (2020). Penguatan Civic Literasi Dalam Membentuk Wawasan Kebangsaan Muhammad. Cvic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(2), 31–39. https://doi.org/10.31597/ccj.v4i2%20Extra.434

Neancy Octavialis, A. A. (n.d.). Pembinaan Literasi Kewarganegaraan di SMP Negeri 11 Padang. Journal of Civic Education, 4(2), 2021. https://doi.org/10.24036/jce.v4i2.481

Permatasari, A., Prodi, D., Pemerintahan, I., Universitas, F., & Yogyakarta, M. (2017). Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 42–52.

Pujan Nur Aziza, Amrazi, M. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di SMA Kemala Bhayangkari. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v9i1.38782

Raharjo, R., Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 51. https://doi.org/10.22146/jkn.26457

Rizky Amalia, F., Ulfatun Najicha, F., & Maret, S. (2022). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGATASI LUNTURNYA NILAI NASIONALISME DAN CINTA NKRI DI ERA GLOBALISASI. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 428–435. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2511

Ronny, P., & Mahendra, A. (2018). Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 120–126. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIIS/index

Sutikno, M. S. P. H. (2020). Penelitian Kualitatif. Holistika.

Sutiyono, S. (2018). REFORMULASI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–16. http://doi.org/10.25273/citizenship.v6i1.1824

Teguh, R., Gobel, S., Syariah, F., Sultan, I., & Gorontalo, A. (2018). Merekatkan Kembali Semangat Nasionalisme. Jurnal Al-Himayah, 2(2), 231–242. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah

Tuhuteru, L. (2017). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Peningkatan Pembentukan Karakter Bangsa di Tengah Arus Globalisasi. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 302–305.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View Integralistik Stats