Indexing metadata

Kisi Difraksi dengan Menggunakan Batang Talas (Colocasia esculenta)


 
Dublin Core PKP Metadata Items Metadata for this Document
 
1. Title Title of document Kisi Difraksi dengan Menggunakan Batang Talas (Colocasia esculenta)
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Arum Prabawani; Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia; Indonesia
 
2. Creator Author's name, affiliation, country Sri Wahyuni; Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
 
3. Subject Discipline(s)
 
3. Subject Keyword(s)
 
4. Description Abstract

Eksperimen kisi difraksi sederhana dapat dibuat menggunakan batang talas (Colocasia esculenta) sebagai bahan alami kisi difraksi. Kisi difraksi ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti kisi difraksi standar dalam eksperimen fisika. Kisi difraksi terdiri atas sebaris celah sempit yang saling berdekatan dalam jumlah banyak. Penggunaan kisi difraksi standar dalam eksperimen umumnya hanya terbatas pada penentuan panjang gelombang cahaya tampak. Jika seberkas cahaya koheren dilewatkan kisi difraksi maka akan menghasilkan pola difraksi pada layar. Eksperimen kisi difraksi ini digunakan untuk menentukan besarnya konstanta kisi difraksi ( ) pada batang talas. Kisi difraksi batang talas yang digunakan dalam kondisi  fresh yang diambil langsung dari pohonnya. Cahaya koheren dari laser hijau dengan panjang gelombang 532 nm disinarkan tegak lurus melalui batang talas. Dengan variasi jarak kisi ke layar ( ) dihasilkan pola gelap terang pada layar. Pola gelap terang tersebut merupakan fenomena difraksi. Hasil eksperimen didapatkan nilai  . Oleh karena itu batang talas dapat digunakan secara mudah dengan harga murah untuk eksperimen kisi difraksi.    

 
5. Publisher Organizing agency, location Universitas Negeri Semarang
 
6. Contributor Sponsor(s)
 
7. Date (YYYY-MM-DD) 2017-01-30
 
8. Type Status & genre Peer-reviewed Article
 
8. Type Type
 
9. Format File format PDF
 
10. Identifier Uniform Resource Identifier https://journal.unnes.ac.id/nju/jcs/article/view/13291
 
10. Identifier Digital Object Identifier (DOI) https://doi.org/10.15294/jcs.v2i1.13291
 
11. Source Title; vol., no. (year) Journal of Creativity Student; Vol 2, No 1 (2017): January 2017
 
12. Language English=en en
 
13. Relation Supp. Files
 
14. Coverage Geo-spatial location, chronological period, research sample (gender, age, etc.)
 
15. Rights Copyright and permissions Copyright (c) 2019 Arum Prabawani, Sri Wahyuni
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.