INTERNALISASI OBYEKTIVITAS DAN TANGGUNG JAWAB PROFESIONAL UNTUK MENUMBUHKAN PERILAKU ETIS

Andian Ari Istiningrum(1),


(1) Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan internalisasi obyektivitas dan tanggung jawab profesional dalam menumbuhkan perilaku etis mahasiswa Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang dilakukan pada 149 mahasiswa Akuntansi UNY.  Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dimana angket terlebih dahulu diuji coba pada 45 mahasiswa Akuntansi UNY di luar sampel. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan analisis item, sedangkan uji reliabilitas dengan menggunakan cronbach alfa. Data dianalisis secara deskriptif untuk menentukan kecenderungan tingkat keberhasilan internalisasi obyektivitas dan tanggung jawab profesional serta tingkat perilaku etis. Penelitian memberikan hasil bahwa internalisasi obyektivitas belum sepenuhnya berhasil karena baru 44% prinsip obyektivitas terinternalisasi dalam diri mahasiswa. Sedangkan, internalisasi tanggung jawab profesional telah berhasil dilaksanakan dengan tingkat keberhasilan sebesar 66%. Perilaku etis yang berhasil ditumbuhkan dari hasil internalisasi kedua prinsip ini ternyata berada pada kategori tinggi dimana 86% prinsip perilaku etis berhasil diinternalisasi dalam diri mahasiswa. 

 

The objectives of this research are to have empirical knowledge about the level of internalization of objectivity and professional responsibility in building ethical behavior of the Accounting Students at Yogyakarta State University (YSU). To achieve these objectives, the research is done to 149 Accounting students at YSU. The data is collected by using questionnaire. Pilot test to determine validity and reliability of the questionnaire is conducted to 45 Accounting students. The validity of the questionnaire is determined by using item analysis, while the reliability of the questionnaire is tested by cronbach alfa. Data is analyzed using descriptive statistics. The results show that the internalization of objectivity is not entirely successful because it is only 56% the principle of objectivity has been internalized to students. The professional responsibility is successfully internalized since result shows that 66% of this principle has been internalized to students. The ethical behavior that are successfully created to students from these internalizations is high as it is shown by 86% of the principle of ethics has been internalized to students.

Keywords

objectivity; professional responsibility; ethical behavior

Full Text:

PDF

References

Arens, Best, Shailer, Fiedler, Elder, & Beasley. 2010. Auditing, Assurance Services and Ethics in Australia. NSW: Pearson Australia

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. 2009. Lingkungan Pengendalian. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan

Eva, Svarcova. 2010. Ethical Education at Schools. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, Vol. 3 No. 1, 36-41

Ikatan Akuntan Indonesia. 1998. Rerangka Kode Etik Akuntan Indonesia. Jakarta: Salemba Empa

Ikatan Akuntan Publik Indonesia. 2011. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat

Munawir, Slamet. 1999. Auditing Modern. Yogyakarta: BPFE

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php. Diakses tanggal 2 September 2012

Standar Audit Seksi 316 tentang Pertimbangan Atas Kecurangan dalam Audit Laporan Keuangan

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

________. 2011. Statistika untuk Penelitian. 2011. Bandung: Alfabeta

Utami, Wiwik. 2005. Etika dan Pengembangan Pengajaran Akuntansi. Buletin Penelitian. No. 8, 1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Jurnal Dinamika Akuntansi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License