Analisis Faktor Daya Saing di Kabupaten Semarang

Eka Handriani(1),


(1) Jl. Tentara Pelajar No 13, Ungaran

Abstract

Jika perusahaan dapat mengoptimalkan penggunaan sumberdaya maka perusahaan mampu menghasilkan sustained competitive advantage. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa faktor internal dan eksternal, keterampilan pengusaha dan strategi yang diterapkan dalam UKM Kabupaten Semarang berpengaruh terhadap keunggulan kompetitif baik secara simultan dan parsial. Pengusaha mikro memiliki potensi besar dalam ekonomi nasional dan lokal sesuai dengan periode pasar bebas. Namun, etos dan persaingan masih dalam tingkat rendah. Penyebab utama dari masalah ini berasal dari faktor tenaga lingkungan, di antaranya adalah faktor internal dan eksternal keterampilan pengusaha, strategi, dan etos. Sebuah strategi yang akurat diperlukan untuk memecahkan masalah ini. Penelitian ini dilakukan pada 60 pengusaha mikro melalui empat variabel dependen dan satu variabel independen dengan menggunakan alat analisis statistik program SPSS. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal, keterampilan pengusaha, strategi dan etos telah signifikan berpengaruh pada keunggulan kompetitif yang diterapkan oleh pengusaha mikro di Kabupaten Semarang secara parsial maupun simultan.

 

The purpose of this research is to attest that internal and external factor, entrepreneur skill and strategy which applied in the UKM of Kabupaten Semarang are influence to the competitive advantage simultaneously and partially. Micro entrepreneur has great potency in the national and local economic according to this free market period. However, it is ethos and competition still in the low level. The main cause of this problem come up from environmental exertion factor, among them are internal and external factor the entrepreneur skill, strategy, and ethos. An accurate strategy is needed to solve this problem. This research has been done on 60 micro entrepreneurs through four dependent variables and one independent variable using to SPSS statistic program. The result shown that internal and external factor, entrepreneur skill, strategy and ethos has significant influenced on the competitive advantage that applied by the micro entrepreneur in Kabupaten Semarang partially or simultaneously.

Keywords

Internal-External Factors;Entrepreneurial Skill;Performance;Competitive Advantages

Full Text:

PDF

References

Asmarani, D. E. 2009. Analisis Pengaruh Kepercayaan Strategi Terhadap Kinerja Perusahaan Dalam Upaya Menciptakan Keunggulan Bersaing. Tesis Tidak Dipublikasikan. Universitas Diponegoro Semarang.

El-Gohary, H. 2010. E-Marketing-A literature Review from a Small Businesses Perspective. International Journal of Business and Social Science. Vol. 1, No. 1, pp: 214-244.

Hitt, M. A. 1995. Technological Transformation and the New Competitive Landscape. Strategic Management Journal. Vol. 16, pp: 7-19.

Hussain, M. F. 2010. Environment for Innovation : Gaining Competitive Advantage. African Journal of Business Management. Vol. 5, No. 4, pp: 1232-1235.

Kamble, R. R. 2010. Managerial Skills for Organizational Performance : An Analitycal Study. Indian Streams Research Journal. Vol. 1, pp: 23-27.

Najib, M. 2009 Competitiveness of Indonesian Small and Medium Processing Industry: Does the Location Matter?. International Journal Business and Management. Vol. 6, No. 9, pp: 57-67.

Porter. 1992. Competitive Strategy: Techniques For Analyzing Industries and Competitors. New York: Free Press.

Riyanti, B. D. P. 2003. Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Stanisavliev, S., Dordevic, D & Cockalo, D. 2009. Analysis of Competitiveness of Domestic Enterprises on The Global Market. Singidunum Journal of Applied Sciences. Vol. 9, No. 1, pp: 1-8.

Syarif. 2009. Kajian Kemanfaatan Perkuat untuk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Usaha Menengah (UMKM). Jurnal pengkajian koperasi dan UMKM. Vol. 1, No. 1.

Tan, J & Litschert, R. J. 1994. Enviroment-Strategy relationship and its Performance Implications: An Empirical Study of Chinese Electronics Industry. Strategic Management Journal. Vol. 15, No. 1, pp: 1-20.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




mandiri88

slot88

slot thailand

tokeslot88 langkah 4d toto macau Hayobet slot depo 10k

tokeslot88 tokeslot88 langkah4d langkah4d langkah4d gdtoto


POSKOBET POSKOBET POSTOTO787 POSTOTO787 EMAS787 EMAS787 SUNDA787 SUNDA787/ ASIABET777 ASIABET777 https://pdakmi.kemenag.go.id https://mega888slots.com

tokeslot88 diamond murah voucher game

mideatoto

cemilanbet

tokeslot

gdtoto