PENANGGULANGAN MASYARAKAT MISKIN KOTA RAWAN KRIMINALITAS MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI JALUR PENDIDIKAN NONFORMAL DI KOTA SEMARANG

Liliek Desmawati(1), Achmad Rifai(2), Sungkowo Edy Mulyono(3),


(1) 
(2) 
(3) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis profil orang miskin yang rawan kriminalitas di Kota Semarang; memformulasikan strategi pemberdayaan masyarakat dan merumuskan desain model pemberdayaan masyarakat melalui jalur pendidikan nonformal. Data primermelalui wawancara kepada responden dan key-persons. Multistage sampling dipilih 30 orang miskin yang menganggur, diantara mereka adalah 11 kepala rumah tangga. Data sekunder dari data penduduk miskin yang menganggur dan berpotensi, berlokasi di Kecamatan Semarang Utara. Data juga dikumpulkan terkait dari sumberĀ  jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan profil orang miskin yang menganggur dan berpotensi.

Profil masyarakat miskin yang menganggur di Kota Semarang, pada dasarnya dibedakan menjadi fisik dan nonfisik. Secara fisik kemiskinan berupa status kepemilikan rumah, milik sendiri dan milik orang lain (kontrak); status kepemilikan tanah, hak milik dan milik negara; kondisi rumah yaitu layak dan tidak layak, dan asset yang dimiliki berupa meja kursi, almari, serta televisi. Adapun secara nonfisik berupa pendapatan, pekerjaan, potensi yang dimiliki, kebutuhan air bersih, kebutuhan pokok, kesehatan maupun rekreasi. Strategi pemberdayaan masyarakat miskin yang menganggur, dapat diformulasikan melalui supply lebih kecil dari demand, supply sama dengan demand, dan supply lebih tinggi atau tidak sama dengan demand. Model pemberdayaannya mendukung kinerja agen pembaharu dalam melaksanakan program kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Keywords

Kemiskinan, pengangguran, kebutuhan pasar, pemberdayaan masyarakat, pendidikan nonformal, dan usaha mandiri.

Full Text:

PDF

References

Adi, Isbandi R. 2002. Pemikiran-pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: FE Universitas Indonesia

Asare, Margaret. 2001. Empowering women Through Microfinace. Sinapi: Aba Trust.

Badan Pusat Statistik. 2008. Studi Penentuan Kriteria Penduduk Miskin: Metodologi Penentuan Rumah Tangga Miskin: Jakarta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. 2012. Jawa Tengah dalam Angka. Semarang

Badan Pusat Statistik Kota Semarang. 2012. Kota Semarang dalam Angka. Semarang.

Borg,W.R dan Gall, M.D. 1979. Educational Research : An Introduction. New York: Longman.

Clarke, J. 1991. Democratizing Development: The Role of Voluntary Organizations. London: Earthscan.

Creswell; John W; Clark; Vicki L. 2007. Designing and Conducting Mixed Method Research. Amirican: University of Nebraska-Lincoln.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indroyono, P. 2006. Strategi Indikator Kemiskinan. Yogyakarta: UGM.

Kindervatter, Suzanne. 1979. NonFormal Education As An Empowering Process. Massachussets: Ambers.

Mulyono, S. E. & Indah, S. 2012. The Strategy of Urban Poverty Alleviation Through Empowering the Young Unemployed People in Municipality of Semarang, Central Java Indonesia. Jurnal China-USA Business Review, ISSN 1537-1514, June 2012, Vol. 11 No. 6, 729-738.

Moleong, Lexy. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nasir, M. 2003. Metode penelitian sosial. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Prawoto, N. 2009. Memahami Kemiskinan dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan Volume 9, Nomor 1, April 2009: 56-68.

Sudandoko, J. 2010. Strategi Pemberdayaan Usaha Batik Skala Kecil. Disertasi. Semarang: UNDIP.

Suharto, E. 2010. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat (Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial). Bandung: PT Refika Aditama.

Sumodiningrat, Gunawan. 2000. Visi dan Misi Pembangunan dengan Basis Pemberdayaan Masyarakat. Seminar Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat menyongsong Indonesia Baru. Yogyakarta: IDEA.

Thohir, M. 2008. Memahami Kemiskinan. Jurnal Dewan Riset Daerah Jawa Tengah Vol. IV, Nomor 1, September 2008.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting