MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar Kabupaten Brebes)

Eka Widiasih(1), Tri Suminar(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan proses monitoring, proses evaluasi program, hasil, dampak, faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelatihan Batik Brebesan di Mitra Batik Desa Bentar Kecamatan Salem Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian 3 orang terdiri dari monitor internal, monitor eksternal, evaluator dan 3 orang informan dari peserta pelatihan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Teknik analisis data yang digunakan yaitu  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh bahwa monitoring dilakukan oleh pihak internal dan eskternal dimana monitor internal tidak menggunakan instrumen yang jelas, sedangkan monitor eksternal mengunakan instrumen, evaluator program tidak menggunakan instrumen dan evaluator kurang memenuhi kompetensi evaluator program. Hasil pelatihan mencakup tiga aspek yaitu kognitif, keterampilan dan sikap dimana yang paling dominan adalah aspek keterampilan. Dampak pelatihan adanya peningkatan kinerja dan peningkatan penghasilan bagi peserta. Faktor pendukung dan penghambat berasal dari internal dan eksternal. Faktor pendukung internalnya adalah motivasi peserta yang tinggi untuk mengikuti pelatihan dengan didukung instruktur yang kompeten. Sedangkan faktor penghambat internalnya adalah emosi peserta yang belum stabil dan eksternalnya adalah kesulitan alat transportasi di wilayah Kecamatan Salem.

Keywords

monitoring; evaluasi program; pelatihan.

Full Text:

PDF

References

Daman. 2012. Monitoring dan Supervisi Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Semarang.

Hidayat, M. Taufiq. 2013. Merumuskan Tujuan Pelatihan dalam PLS. https://nonformaleducationunimed.wordpress.com (diakses pada tanggal 12 Februari 2015 pukul 17.21).

Kamil, Mustofa. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kemennaker. Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Moerdiyanto. 2004. Teknik Monitoring dan Evaluasi (Monev) dalam Rangka Memperoleh Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. http://staff.uny.ac.id (diakses pada tanggal 7 April 2015 pukul 00.15).

Sudjana, Djudju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahida, Kafa. 2015. Monitoring. http://academia.edu (diakses pada tanggal 14 April 2015 pukul 23.11).

Widoyoko, Eko Putro. 2005. Evaluasi Program Pelatihan. http://www.umpwr.ac.id (diakses pada 30 Maret 2015 pukul 21.34).

Zelthaulzallam, Dedet. 2013. Jenis-jenis Pengawasan. http://dedetzelth.blogspot.in (diakses pada tanggal 13 April 2015 pukul 14.16).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting