DAMPAK IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA TUTORIAL PROGRAM PAKET B BINAAN PKBM AL ISHLAH JAKARTA TIMUR

Durotul Yatimah(1),


(1) Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak metode pembelajaran berbasis pemecahan masalah (Problem Posing). Metode penelitian dilakukan dengan pra eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan  penggunaan metode pemecahan masalah telah bermanfaat meningkatkan partisipasi warga belajar di dalam pembelajaran, nilai akademik warga belajar meningkat melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan kemampuan soft skill yang  sangat  menonjol. Dampak yang ada diharapkan dapat memicu semangat warga belajar untuk memotivasi belajar anak-anaknya secara berkelanjutan. Kendala meliputi pengetahuan dan wawasan warga belajar terbatas, diskusinya lama karena perbedaan pendapat; adanya warga belajar yang mendominasi diskusi, tutor harus mengendalikan diskusi, agar warga belajar lain aktif juga mengemukakan pendapat; warga belajar tidak mengetahui jadwal tutorial yang lengkap dengan nama mata pelajaran. Adanya faktor pendukung membuat pembelajaran berlangsung kondusif. Alternatif pengembangannya adalah warga belajar ditugaskan mencari solusi dan tutor mengevaluasi daya serap warga belajar terhadap materi dan tingkat kesadaran sosial dan keterampilan sosial warga belajar; tutor bermitra dengan lembaga terkait. Tutor mengarahkan kegiatan dan tugas warga belajar di lokasi dan cara penyusunan laporan. Tutor juga memonitor dan mengevaluasi.

Keywords

Metode; pemecahan masalah; warga belajar

Full Text:

PDF

References

Apps, Jerold W. 1979. Problems in Continuing Education. New York: Mc Graw Hill Inc.

Basleman, Anisah. 2008. Cara Belajar Orang Dewasa. Jakarta: FIP Press.

Brown, S., & Walter, M. I. 1990. The Art of Problem Posing. Philadelphia: PA Franklin Institute Press.

Cankoy, O & Darbaz, S. 2010. Effect Problem Possing Based on Problem Solving Instruction on Understanding.

Sudjana, D. 2010. Pendidikan Luar Sekolah, Sejarah Perkembangan Falsafah dan Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rosda Karya.

Jalil, A. 2005. Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Siswa SMP pada Konsep Sistem Hormon. Jurnal Penelitian Kependidikan. Nomor (2). 48-71.

Knowles, Malcolm Sherperd. 1977. The Adult Learner; The Definitive Classic in Adult Education and Human Resources Development ad London.

Nakin, J. B. N. 2003. Ceativity and Divergent Thinking in Geometry Education. Disertasi University of South Africa. [Online]. Tersedia: http://etd.unisa.ac.za/ETD-db/theses/ available/etd-04292005-151805/unrestricted/00thesis.pdf. [7Januari 2008].

Nasution, S. 2009. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif Dalam pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nusantara Press.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Subijanto, et.al. 2009. Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Depdiknas.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting