MODEL PELATIHAN BERBASIS NILAI KEAGAMAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER GENERASI MUDA

Jajat S. Ardiwinata(1), Viena Rusmiati Hasanah(2), Elih Sudiapermana(3),


(1) Departemen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Departemen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Departemen Pendidikan Luar Sekolah Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian menemukan model pelatihan berbasis nilai keagamaan dalam membentuk karakter generasi muda. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah model pelatihan yang dapat dijadikan acuan untuk diterapkan dalam berbagai instansi pelaksana pelatihan untuk generasi muda, khususnya dalam membangun kompetensi dasar dalam membangun karakter generasi muda. Penelitian ini menerapkan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Rentang waktu pelaksanaan dirancang tiga tahun, tahun pertama studi eksploratif pada beberapa lembaga pelatihan yang melaksanakan berbagai pelatihan bagi pemuda, dengan orientasi produknya merekomendasikan sebuah model konseptual pelatihan berbasis nilai keagamaan dalam membentuk karakter generasi muda. Pada tahun kedua, penelitian memfokuskan pada pengembangan perangkat model serta uji coba model konseptual yang telah tersusun di tahun pertama. Adapun pada tahun ketiga, penelitian akan difokuskan pada desiminasi serta validasi model yang tersusun, sehingga dapat dilakukan pembakuan modelling. Produk penelitian ini merupakan model pelatihan berbasis nilai keagamaan dalam membentuk karakter generasi muda, yang selanjutnya dapat disebarluaskan dan menjadi  bagi kelembagaan diklat, serta sebagai salah satu temuan teknologi (social engenering) bidang pelatihan yang secara makro dapat menjadi instrumen dalam kerangka pemberdayaan masyarakat.

Keywords

Model Pelatihan; Nilai Keagamaan; Karakter Generasi Muda

Full Text:

PDF

References

Burke, J. W. 1989. Competency based education and training. London New York: Falmer Press.

Elias, J. L. 1989. Moral education: secular and religious. Florida: Robert E. Krieger Publishing Co., Inc.

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. 2009. Educational research: competencies for analysis and applications (9th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Merrill/Pearson.

Haris, R. 1995. Competency-based Education and Training: Between a Rock and a Whirpool. South Melbourne: Macmillan Education Australia.

Hatton, M. 1997. A Pure Theory Of Lifelong Learning. Lifelong learning: Policies, practices and programs. Toronto: School of Media Studies at Humber College.

Kartadinata, Sunaryo. 2010. Mencari Bentuk Pendidikan Karakter Bangsa. online diunduh 24 mei 2010

Koesoema, A. Doni. Pendidikan Karakter Integral. Kompas, 11 Februari 2010.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Inplementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sadulloh Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS. Bandung: Fokusmedia.

UNESCO. 2002. Panduan Perencanaan Pendidikan Untuk Semua (PUS), Asia Timur dan Tenggara. Bangkok, Thailand: UNESCO Principal Regional Office for Asia and The Pasific.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting