DAMPAK PENYELENGGARAAN PELATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PAMONG BELAJAR SKB DI EKS KARESIDENAN SEMARANG

Susilowati Susilowati(1),


(1) Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dampak penyelenggaraan pelatihan terhadap kinerja pamong belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pamong belajar di Eks Karesidenan Semarang yang sudah pernah mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Sumber data meliputi Kepala SKB, pamong belajar peserta pelatihan, serta pamong belajar rekan sejawat dari peserta pelatihan. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode dan teori. Sedangkan teknik analisis data dan interpretasi hasil penelitian dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dampak dari penyelenggaraan pelatihan terhadap peningkatan kinerja pamong belajar, diperoleh hasil bahwa 8,33% kinerjanya sangat meningkat, 58,33% meningkat, dan 33,33% tidak mengalami perubahan atau biasa saja. Sedangkan untuk pengimplementasian hasil pelatihan di tempat kerja, belum semua pamong belajar yang mengikuti pelatihan mengimplementasikan hasil pelatihan di tempat kerjanya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa hanya 25% pamong belajar yang mengimplementasikan hasil pelatihannya di tempat kerja, 50% pamong belajar belum sepenuhnya mengimplementasikan hasil pelatihan, dan terdapat 25% pamong belajar tidak mengimplementasikan hasil pelatihan.

Keywords

Pelatihan; Peningkatan Kinerja; Pamong Belajar SKB

Full Text:

PDF

References

Anggoro, Toha M. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. cet. XI. Jakarta: Rineka Cipta.

Ary, Donald, dkk. 2005. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan, (terj.) Arief Furchan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustini, D. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Widyaswara di PPPG Tertulis Bandung, Tesis. Bandung: PPS UNWIM.

Cascio, WF. 1996. Managing Human Resources, Produktivity, Qualityof work Life, 5 e. Fad New York Mc. Graw Hill.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Ketiga. Diterbitkan oleh Balai Pustaka.

Games, Faustino Cardoso. 2003. Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi offset.

Hadi, Sutrisno. 1997. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.

Margono, S. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Moleong, Lexy J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Moekijat. 1990. Evaluasi Pelatihan Dalam Rangka Meningkatkan Produktifitas Perusahaan. Bandung: Penerbit Mandar Maju.

Mangkunegara, AP. 2000. Managemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Rosdakarya.

Marzuki, M.S. 1992. Strategi dan Model Pelatihan. Malang: IKIP Malang.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Nawawi, H. 1997. Managem Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/III/PB/2011 dan Nomor 8 Tahun 2011 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya.

Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 19 Th 2005 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS.

Sasongko. 2003. Penerapan dan Kebutuhab Pembelajaran Life Skills di Unit/bagian dan Madrasah. Jurnal Mimbar Pendidikan 2 ( 22).

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju.

Siagian, Sondang. 1997. Managemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Hanry. 2004. Manegemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE.

Sudarto. 2002. Metodologi Penelitian Filsafat. cet. 3. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, HD. 2004. Manageman Program Pendidikan, Untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

________. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sumantri, S. 2000. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Maanusia. Bandung: Fakultas Psikologi Unpad.

Tjiptono, F dan Diana, A. 1998. Otal Quality Management. Yogyakarta: Andi offset.

Trisnamansyah, S. 1997. Peran PLS, dan Konferensi ISPPSI. Surabaya.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyudi, Bandung. 1990. Managemen Sumber Daya Manusia. Bandung: BPFE.

Wills, M. 1993. Managing The Training Prcess: Putting The Basies Into Ractice. England: Mc. Graw Hill Book Company Europe.

Yoder, D. 1962. Personel Principles and Policicies. Hall Inc. Maruzen Company Ltd, Second Edition.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting