MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MELALUI TEKNIK PENDAMPINGAN TERHADAP TUGAS DISKUSI KELOMPOK MAHASISWA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTUN BERDISKUSI

Bagus Kisworo(1), Ilyas Ilyas(2), Hendra Dedi Kriswanto(3),


(1) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES
(2) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES
(3) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UNNES

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, berusaha mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai model pembelajaran partisipatif melalui teknik pendampingan tugas diskusi kelompok dalam membentuk karakter santun berdiskusi.  Informasi digali melalui wawancara mendalam terhadap informan (mahasiswa). Selain untuk mengetahui hasil aplikasi model pembelajaran partisipatif melalui teknik pendampingan tugas diskusi kelompok dalam membentuk karakter santun berdiskusi, juga untuk membuat rumusan pedoman model pembelajaran tersebut sehingga bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian bahwa dengan model pembelajaran partisipatif melalui teknik pendampingan kelompok diskusi, mahasiswa dapat mempersiapkan dan menciptakan diskusi yang akan dilaksanakan dalam kelas, serta mereka memiliki strategi yang akan digunakan dalam menciptakan diskusi santun dalam kelas, dan  peran dosen dalam implementasi pembelajaran partisipatif melalui teknik pendampingan kelompok diskusi, sangat dibutuhkan oleh mahasiswa karena sangat membantu mereka dalam mewujudkan diskusi kelas yang menarik serta sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model pembelajaran partisipatif dengan teknik pendampingan tugas diskusi kelompok sangat berdampak positif bagi mahasiswa. Pembelajaran partisipatif tidak hanya mengacu pada bagaimana meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam proses pembelajaran tetapi juga pada kemampuan dosen untuk kreatif dalam meningkatkan partisipasinya dalam proses pembelajaran.

Keywords

Pembelajaran Partisipatif; Diskusi Kelompok; Karakter Santun Berdiskusi; Teknik Pendampingan

Full Text:

PDF

References

Gunter, M. A., Estes, T. H., & Schwab, J. H. 1990. Instruction: A models approach. Boston: Allyn and Bacon.

Suharno, http://www.docstoc.com/docs/22058488/program-bimbingan-belajar-melalui-pendampingan-pada-proses-belajar diakses tanggal: 5 Maret 2014

(http://kel4latbang.wordpress.com/2011/05/30/definisi-pendidikan-pelatihan-pengembangan-dan-pendampingan/ diakses tanggal 29 Febuari 2013)

Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian, dalam teori dan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Joyce, B., & Weil, M. 1980. Model of teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kuhn, T. S. 2002. The structure of scientific revolution. Diterjemahkan oleh: Tjun Surjaman. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Leech, Geoffrey N. 1983. Principles of pragmatics (Prinsip-prinsip Pragmatik). New York: Longman Inc.

Moleong, Lexy J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Silalahi, U. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenanada Media..

Daradjat, Zakiah dkk. 2004. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting