PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C PADA KELAS XI (Studi pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Comal Kabupaten Pemalang)

Arief Kukuh Budiwibowo(1), Khomsun Nurhalim(2),


(1) mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang
(2) 

Abstract

Keragaman latar belakang dari warga belajar kejar paket C SKB Comal Kabupaten Pemalang yang berbeda-beda membuat motivasi belajar dan prestasi belajar masing-masing peserta didik menjadi lebih variatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar terhadap prestasi belajar warga belajar kejar paket C di SKB Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 77 warga belajar kelas XI yang terdiri 47 kelas IPS dan 30 kelas IPA. Berdasarkan analisis regresi sederhana diperoleh hasil yaitu skor = 51,227 lebih besar dari  = 0,227 pada taraf signifikansi 0,05. Sehingga hipotesis kerja () ditolak dengan kata lain ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Sedangkan pada tabel R square diperoleh skor 0,008 yang artinya besaran pengaruh motivasi belajar warga belajar terhadap hasil belajarnya adalah sebesar 0,8 %. sedangkan sisanya sebesar 99,2 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

 

The diversity of backgrounds of students program package C SKB Comal Pemalang Regency different makes learning motivation and learning achievement of each student become more varied. The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation to the learning achievement of students package compete C SKB Comal Pemalang Regency. This study used quantitative descriptive method with a sample of 77 student consisting of 47 students of class IPS and class IPA 30 students. Based on the simple regression analysis obtained result is a score = 51,227 is greater than   = 0,227 at a significance level of 0,05. So that the nol hypothesis () rejected. While R square table obtained scores 0,008 which means the amount of influence the motivation of learners on learners on learning achievement is equal to 0,8%. While residue is equal to 99,2% because of influence is variable different not is research to here trought.

Keywords

Influence; Motivation of Learning; Learning Achievement

Full Text:

PDF

References

Amran, Y. S. Chaniago. 1997. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RINEKA CIPTA

Anwar, Saifuddin. 2005. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Sutarto, Joko. 2007. Pendidikan Nonformal (Konsep Dasar, Proses Pembelajaran, & Pemberdayaan Masyarakat). Semarang: Unnes Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumardi. 1984. Interaksi dan motivasi belajar. Yogyakarta: pustaka bani

Sutikno Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran, Lombok: Holistica

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam http://usu.ac.id/public/content/files/sisdiknas.pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting