PENGELOLAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PEMULA DI KECAMATAN GRABAG KABUPATEN PURWOREJO

Amirul Mukminin(1), Meidiana Dwi Cahyani(2),


(1) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pengelolaan PAUD, peran dan kesiapan guru mengelola pembelajaran, serta faktor yang mempengaruhi. Merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam menghimpun datanya. Teknis analisis data menggunakan model interaktif, keabsahannya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa pengelolaan bidang kurikulum menggunakan pembelajaran spontanitas, bidang kesiswaan one day service, bidang personalia menggunakan pendidikan dan latihan guru PAUD, bidang sarana prasarana penggunaan fasilitas desa, bidang keuangan dengan sistem pembagian tugas, bidang humas dengan program paguyuban wali siswa dan parenting, bidang promosi menggunakan strategi mulut ke mulut, bidang MBS optimalisasi partisipasi masyarakat. Peran dan kesiapan guru mencakup pembelajaran spontanitas, pelaksanaan kegiatan belajar indoor,  pengorganisasian kelas klasikal, pengelompokan kelas berdasar usia, bentuk evaluasi pembelajaran rapot, penataan administrasi, dan pemanfaatan sumber daya. Faktor pendukung meliputi komitmen untuk maju, tegas dalam kedisiplinan, kompetisi yang tinggi antar lembaga. Faktor penghambat yaitu kurangnya komunikasi antar guru, rendahnya koordinasi spontanitas kepala sekolah, dan kurangnya profesionalitas personil.

Keywords

pengelolaan; PAUD pemula

Full Text:

PDF

References

Ahmadi, Rulam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (sebuah pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: ALFABETA.

Moleong, J. Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2011. Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Terry, George R. 2003. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen (Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.

WAHYUNINGSIH, Sri; HARYANI, Eka. The Implementation of Early Childhood Education within Curriculum 2013. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 81-85, nov. 2015. ISSN 2476-9584. Available at: . Date accessed: 26 sep. 2016. doi:http://dx.doi.org/10.15294/ijeces.v4i2.9460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting