POLA PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL RELIGIUS DI TKIT AROFAH 3 BADE KLEGO BOYOLALI

Khomsun Nurhalim(1),


(1) Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pendidikan moral religius penting dilakukan sejak usia dini secara konsisten dan berkelanjutan, mengingat  banyak penyimpangan moral di masyarakat dikarenakan lemahnya sitem pendidikan moral di sekolah. Untuk itu diperlukan suatu pola penanaman nilai – nilai moral religius  yang tepat untuk mengatasi berbagai masalah tersebut di atas.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pola pelaksanaan, dan evaluasi penanaman nilai-nilai moral religius di TKIT Arofah 3 Bade. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan populasi anak kelompok B TKIT Arofah 3 Bade usia 5-6 tahun yang berjumlah 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan penanaman nilai moral religius di TKIT Arofah 3 Bade dilakukan secara terpadu, dimulai dari rapat kerja guru yang kemudian dituangkan dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang bermuatan religius, kemudian disosialisasikan melalui rapat wali murid sebagai perencanaan berkelanjutan dalam menanamkan nilai-nilai moral religius di lingkungan rumah; 2) Pola penanaman nilai-nilai moral religius di TKIT Arofah 3 bade menggunakan pola pengkondisian yang terstruktur dalam bentuk siklus, mulai dari bekal pengetahuan religius yang terintegrasi dalam pembelajaran, keteladanan, praktek pembiasaan, pengalaman kunjungan atau kegiatan intrakurikuler dan dikuatkan dengan reward and punishment.; 3) Evaluasi penanaman nilai –nilai moral religius dilakukan secara terprogram dan berkesinambungan melalui dua tahap, yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Moral education is very important thing to be done early in a consistent and sustainable because now a lot of deviations moral occurring in the community because of the lack of  moral  education system in the school. So, it is required a learning pattern of religious moral values that are appropriate to solve the problems mentioned above. The focus of this study focused on three things, namely planning, implementation, and evaluation. This research uses qualitative descriptive research approach with a population of children in group B TKIT Arofah 3 ages 5-6 years whose number 20 children. Results from the study showed that : 1) Planning of the pattern of the religious moral values in TKIT Arofah 3 Bade carried out in an integrated manner, starting from the teacher meeting then stated on the work plan of the school and the daily lesson plan that contains religious then socialized  at meeting of caregivers as sustainable planning in instilling religious moral values in the home environment.  2) The process of  the  pattern of the religious moral values in TKIT Arofah 3 Bade using the conditioning pattern wich is structured in the form of a cycle. Start from provinsi in religious knowledge which integrates in learning, modeling, habituation practice, experience excursions or intracuricular activities and reinforced with reward and punishment;  3) Evaluation of  the pattern of the religious moral value is already done programmatically and continually through two-step evaluations, that are process evaluation and outcome evaluation.

Keywords

The Pattern cultivation Values; The religious Moral.

Full Text:

PDF

References

Alaydroes, F. 2014. Standar Mutu - Kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Jakarta: JSIT Indonesia.

Coles, R. 1999. Menumbuhkan Kecerdasan Moral pada Anak, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Darmawan, C. 2009. Mengkontruksi Pendidikan di Era Global. Jurnal Negarawan, Sekretariat Negara RI, Jakarta.

Frye, Mike, at all. (Ed.) 2002. ”Character Education” Informational Handbook and Guide for Support and Implementation of the student Citizent Act of 2001. North Carolina: Public School of North Carolina.

Ghazali, A.I. 2007. Ringkasan Ihya’Ulumudin. Diterjemahkan oleh Zeid Husein Al-Hamid.Jakarta: Pustaka Amani.

Jenkins, Ricard. 2013. Membaca Pikiran Pierre Bourdieu. Bantul: Kreasi Wacana.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (Makalah), Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan Jakarta

Lickona, T. 2013. Educating for character. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung; Nusa Media

Megawangi, R. 2009. Pendidikan Karakter; Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.

Sirajuddin, Z. 2004. Filsafat Islam: Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting