STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN MENJAHIT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DHARMA ANAK BANGSA KLATEN

Septiyana Dwi Hastuti(1), Ilyas Ilyas(2),


(1) jurusan pls fip unnes
(2) Jurusan PLS FIP UNNES

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan strategi pembelajaran serta kendala pelatihan menjahit pada anak tunagrahita di SLB Dharma Anak Bangsa Klaten. Pendekatan penelitian adalah kualitatif. Subyek penelitian 6 orang terdiri dari Kepala Sekolah, 1 Tutor, 2 Tutor pendamping dan 2 peserta didik. Serta 2 informan yaitu orang tua peserta didik. Pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode, sumber dan teori. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu pembelajaran pelatihan menjahit diawalai dengan waktu pelatihan yang dilakukan pada hari rabu dan kamis dari jam 07.00 sampai dengan 12.50 kemudian pengkondisian peserta didik yang dikelompokkan menurut kemampuan peserta didik dengan materi yang disampaikan adalah materi level 1(satu) dan materi level 2 (dua) menggunakan metode ceramah, demonstrasi dan tanya jawab. Strategi pembelajaran yang digunakan berorientasi pada individu. Kendala antara lain faktor internal meliputi faktor psikologi antara lain: kurang minat, pemahaman yang sulit, moody, cepat lelah, kejemuan. Faktor jasmani antara lain: kesehatan, cacat tubuh. Faktor eksternal meliputi faktor sekolah yaitu alat pelajaran, waktu pembelajaran. Faktor masyarakat teman sebaya, media massa.

The study aims to describe the process of learning and learning strategies as well as constraints on the sewing training retarded children in special schools Nations Children Dharma Klaten. Is a qualitative research approach. 6 study subjects comprised of the Principal, 1 Tutor, Tutor companion 2 and 2 learners. As well as two informants are parents of learners. Data collecting interviews, observation and documentation. Validity of the data using triangulation methods, sources and theory. Data analysis techniques with data collection, data reduction, data presentation and conclusion. Results of the study are learning tailoring training strats with time training conducted on Wednesday and Thursday from 07.00 until 12:50 and then conditioning learners are grouped according to the ability of learners with the material presented is the material level 1 (one) and the material level of 2 (two ) using lectures, demonstrations and question and answer. Learning strategies used individually oriented. Constraints include internal factors include psychological factors, among others: lack of interest, understanding difficult, moody, tired, boredom. Physical factors such as: health, disability. External factors include school factors that instrument lessons, the learning time. Community factors peers, mass media.

Keywords

Learning Strategies; Training; Independence; mentally disabled children

Full Text:

PDF

References

Efendi, Mohammad. 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, J. Lexy. 2014. Metodologi Penelitian Kuasitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munib, A dkk. 2012. Pengantar Ilmu Pendidikan. UPT UNNES Press.

Parker, K. D. 2006. Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak. Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.

Support for Learning, the British Journal of Learning Support, Volume 20, Number 3, August 2005. NASEN 2005 .

(https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBwQFjAA&url=http%3A%2F%2Fwww.languageswithoutlimits.co.uk%2Fresources%2FSfLAutism.pdf&ei=tjYhVca1Do-8uATK4YKgAg&usg=AFQjCNE8MX059FBqiVQW54OfDZqUtMmoOg&sig2=k2o-gjCGiNsblamrtJOv2w&bvm=bv.89947451,d.c2E) Didownload pada tanggal 26-03-2015 pukul 08.45.

Sutarto, Joko. 2012. Buku Ajar Manajemen Pelatihan. Semarang: UNNES Press.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publimer.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting