MOTIVASI WARGA BELAJAR DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM KELOMPOK BELAJAR PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT TUNAS BANGSA BREBES

Riski Arum Senjawati(1), Fakhruddin Fakhruddin(2),


(1) PKBM Tunas Bangsa Brebes
(2) Jurusan PLS FIP UNNES

Abstract

Motivasi warga belajar adalah dorongan yang terdapat pada warga belajar baik kondisi fisik dan psikologis untuk mencapai tujuan tanpa memandang batas usia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan motivasi warga belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan program paket C di PKBM Tunas bangsa Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di PKBM Tunas Bangsa Brebes. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumetasi. Subjek penelitian 4 warga belajar paket C, 1 tutor paket C, 1 pengelola PKBM dan 1 tokoh masyarakat. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teori. Metode analisis data melaui reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan, kehadiran,  kesiapan warga belajar serta semanagat  dalam mengikuti paket C masih rendah, sarana prasarana yang memadai belum maksimal. Warga belajar mengikuti paket  C dengan harapan memperoleh ijazah setara SMA/MA sebagai persyaratan pekerjaan, serta pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Faktor internal yang mempengaruhi motivasi warga  belajar yaitu kondisi  jasmani dan rohani sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan sosial, latar belakang keluarga, tingkat pendidikan orang tua, dan ekonomi.

Motivation people learn is the urge residents who are on the learners both physical and psychological conditions to achieve goals regardless of the age limit. The purpose of this study to describe the motivations of learning and the factors that affect learners in following equality education program package C in PKBM Tunas bangsa Brebes. This study used a qualitative descriptive approach. Locations of research in PKBM Tunas Bangsa Brebes. Data collection through interviews, observation , and Documentation. 4 research subjects residents to learn the package C, 1 tutor package C , 1 and 1 manager CLC community leaders . The validity of the data using triangulation source . Methods of data analysis through data reduction , data display , and data verification . The results of this study demonstrate the activity, presence, readiness to learn and semanagat citizens to follow the package C is low, adequate infrastructure is not maximized. Residents learn to follow the package C in the hope of obtaining the equivalent high school diploma/ MA as a condition of employment, and education to a higher level. Internal factors which influence the motivations of learning that physical and spiritual conditions while external factors, namely the social environment, family background, parental education, and economics.

Keywords

Motivations to Learn; education equality; Study Group Package C

Full Text:

PDF

References

Basleman, A dan Mappa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Danim, Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Eefektivitas Kelompok. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri. Syaiful. 2008.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Kamil, Mustofa. 2011.Pendidikan Nonformal: Pengembangan melalui Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliani, Fitri Nelpa. Hubungan Antara Lingkungan Sosial dengan Motivasi Belajar Santri di Pesantren Madinatul Ilmi Islamiyah. Jurnal Nasional. Spektrum PLS Vol. I, No.2, Juli 2013. Padang: Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Padang.

www.kemendagri.go.id/media/documents/2003/07/uu_20_2003.doc diakses [12/10/2012 jam 09.29 wib].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting