IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ORANG DEWASA PKBM INDONESIA PUSAKA NGALIYAN KOTA SEMARANG

Bagus Kisworo(1),


(1) Jurusan PLS FIP UNNES

Abstract

Cakupan kegiatan dalam PKBM diantaranya Kejar Paket A, Kejar Paket B, Kejar Paket C, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), KBU (Kelompok Belajar Usaha), KUPP (Kelompok Usaha Pemuda Produktif), Pemberdayaan Perempuan, Keaksaraan Fungsional Dasar Dewasa, Taman Bacaan Masyarakat (Perpustakaan). Kelompok belajar paket C atau kejar paket C merupakan pendidikan kesetaraan untuk jenjang sekolah menengah umum (SMU) dimana pesertanya berbeda dengan karakter dan latar belakang pendidikan formal yang mana rata-rata peserta paket C sudah berusia dewasa.

Strategi, teknik dan metode menjadi kunci sukses dalam pelaksanaan proses belajar pembelajaran di paket C terutama dalam menggunakan strategi pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran orang dewasa di paket C.Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Media pembelajaran yang dibuat secara fisik dalam pendidikan formal dan nonformal sama, tetapi ada perbedaan dalam tahapan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, tentunya hal itu disesuaikan dengan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu berusaha mendapatkan informasi yang selengkap mungkin mengenai implementasi media pembelajaran berbasis prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa di ngaliyan kota semarang, metode kualitatif penulis lebih mudah apa bila berhadapan dengan kenyataan ganda.

Hasil penelitian PKBM Indonesia Pusaka sendiri berlangsung dengan kerjasama antara tutor dan warga belajar. Dengan adanya peran tutor sebagai motivator, pembimbing, dan  fasilitator dapat menumbuhkan keinginan sesuai apa yang disampaikan dalam teori pannen,karena bagi orang dewasa belajar berhubungan dengan bagaimana mengarahkan diri sendiri untuk bertanya dan mencari jawabannya, pembelajaran di PKBM Indonesia Pusaka sudah memperhatikan prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa, dengan aplikasi metode dan cara dalam mengajar yang disesuaikan dengan latar belakang warga belajar dan media pembelajaran yang dibuat para tutor di PKBM Indonesia Pusakan sudah memperhatikan prinsip-prinsip dalam pemilihan media dan prinsip-prinsip belajar orang dewasa.

 

The scope of activities in PKBM, kejar paket A, B, and C,  PAUD (early childhood education), KBU (group learning Efforts), KUPP (Productive Youth Business Group), women's empowerment, basic functional Adult Literacy, Reading public (Library). Paket C or  equality for education seniorl high school (SMU) where different participants with the characters and the background of formal education where the average attendee paket C is already aged adults.

Strategies, techniques and methods became the key to success in the implementation of the learning process of learning in the paket C especially in using learning media utilization strategies in the process of learning adult in paket c. learning media Usage in the process of teaching and learning can evoke desire and interest in the new, demotivating and evoking stimuli and learning activities, and even psychological influences brought against learners. Instructional media created physically within the formal and non-formal education is the same, but there are differences in the stages of planning, implementation, and evaluation of, surely it is adapted to the principles of adult education.

This research used the qualitative  approach, that is trying to get information that is as complete as possible about the implementatioan of media based learning pronciples of adult education in Ngaliyan Semarang, qualitative methods authors more easily what when confronted with reality

Research results PKBM Indonesia Pusaka itself took place with the collaboration between tutors and learning. With the tutor role as motivators, mentors, and facilitators can foster a desire in accordance to what is conveyed in the theory of pannen, because for adults learning relate to how to direct yourself to ask questions and seek answers, learning in PKBM Indonesia Pusaka already pay attention to the principles of adult education, with the application of methods and ways of teaching that is tailored to the background learner and learning media made by tutors in Indonesia PKBM Pusakan already noticed the principles in the selection of media and learning principles adults.

Keywords

Implementasi Media Pembelajaran; prinsip-prinsip pendidikan orang dewasa

Full Text:

PDF

References

Ahmad rifa'i. 2003. Desain-desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press

Arsyad,A. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Arief S. Sadiman. 2003. Media Pemdidikan : Pengertian, Pengembangan dan. Pemanfaatannya. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Asnawir dan Basyiruddin Usman, 2002 Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers

Basleman, Anisah, dan Syamsu Mappa. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa Bandung: Rosyda Karya

Brown, Frederick G. 1983.Principles of Educational and Psycho-logical Testing. New York: Holt, Rinehart and Winston,

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih,2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Joko Subagyo, 2004 Metode Penelitian , dalam teori dan praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Lexy J Moleong, 2004,Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosda Karya,

Moh. Nazir. Ph. D, 2003,Metode Penelitian Jakarta: PT. Ghalia Indonesia,

Nana Syaodih Sukmadinata,2007, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Rumampuk 1988 Media Instruksional IPS. Jakarta: P2LPTK

Silalahi, U. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Suprijanto, 2007, Pendidikan orang dewasa.Jakarta: PT.Bumi Aksara

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing & Abstracting