Development of Confidence Through Pencak Silat Towards Students’ Self-Trust
(1) Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No 1. Jakarta 13220, Indonesia.
(2) Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No 1. Jakarta 13220, Indonesia.
(3) Physical Education, Postgraduate Program, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No 1. Jakarta 13220, Indonesia.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap kepercayaan diri siswa di SMAN 1 Ciomas. Dengan populasi seluruh anggota kegiatan ekstrakurikuler pencak silat yaitu 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Instrumen penelitian menggunakan angket kepercayaan diri dengan menggunakan uji coba. Dari data yang dihasilkan terdapat pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pencak silat terhadap kepercayaan diri siswa dan dari data yang diperoleh dari uji normalitas pada Program Statistics menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,541 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa nilai tersebut terdistribusi secara normal. Hasil uji hipotesis diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,002 lebih kecil dari < 0,05, maka H1 diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam kegiatan ekstrakurikuler pencak silat kepercayaan diri siswa di SMAN 1 Ciomas berdasarkan hasil analisis deskriptif kepercayaan diri 88% dengan rincian kepercayaan diri 90% sub-variabel, 87% sikap positif, dan 86% menggunakan sub-variabel. Hasil Berdasarkan penelitian dan pembahasan dapat diabaikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pencak silat berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa di SMAN 1 Ciomas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z., & Dkk. (2020). Metodologi penelitian pendidikan education research methodology. STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan, 1, 3.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.29210/02017182
Janti, S. (2014). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014 ISSN: 1979-911X. Snast, November, 211–216.
Mardotillah, M., & Zein, D. M. (2017). Silat Sebagai Identitas. 18(2), 121–133.
Riani, A., & Purwanto, A. (2018). Ekstrakurikuler pencak silat membangun pendidikan karakter pada siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi …, 12–18. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9937
Sappaile, B. I., & Makassar, U. N. (2020). KONSEP PENELITIAN EX-POST FACTO. 15.
Triana, J., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Bertanding Atlet Pencak Silat Dalam Menghadapi Salatiga Cup 2018. Psikologi Konseling, 15(2), 452–461. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16194
Refbacks
- There are currently no refbacks.