Pengaruh Latihan Split Squat Jump dan Standing Jump and Reach terhadap Kekuatan dan Power Otot Tungkai

Mahfuz Mahfuz(1),


(1) 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang: (1) pengaruh latihan split squat jump terhadap kekuatan dan power otot tungkai; (2) pengaruh latihan standing jump and reach terhadap kekuatan dan power otot tungkai; (3) perbedaan pengaruh antara latihan split squat jump dan standing jump and reach terhadap kekuatan otot tungkai. (4) perbedaan pengaruh antara latihan split squat jump dan standing jump and reach terhadap power otot tungkai. Sasaran penelitian ini adalah siswa laki-laki yang mengikuti ekstrakulikuler bolavoli di MAN Selong Kabupaten Lombok Timur NTB sebanyak 36 siswa.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan matching-only design, dan analisis data menggunakan uji-t dan MANOVA. Proses pengambilan data dilakukan dengan tes leg strength dengan menggunakan alat back leg dynamometer untuk mendapat data kekuatan otot tungkai dan vertical jump untuk mendapat data power otot tungkai pada saat pre-test dan post-test.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan latihan split squat jump terhadap kekuatan dan power otot tungkai; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan latihan standing jump and reach terhadap kekuatan dan power otot tungkai; (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan latihan  split squat jump dan standing  jump and reach terhadap kekuatan otot tungkai; (4) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan latihan split squat jump dan standing  jump and reach terhadap power otot tungkai, serta latihan split squat jump lebih epektif untuk meningkatkan kekuatan dan power otot tungkai.

Berdasarkan analisa di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kekuatan dan power otot tungkai untuk masing-masing kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah diberi latihan split squat jump dan standing jump and reach dilihat dari hasil uji-t. Selain itu terdapat perbedaan pengaruh melalui uji MANOVA, serta program latihan split squat jump lebih signifikan dari pada latihan standing jump and reach dan kelompok kontrol dalam meningkatkan kekuatan dan power otot tungkai.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.