Metode Bermain Peran dengan Menggunakan Lesson Study (Guru Mitra) Sebagai Model Pembelajaran Matematika Kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Guntur Semester Gasal Tahun Pelajaran 2016/2017

Ana Hasanatu Wahdah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui apakah melalui metode bermain peran dengan menggunakan pendekatan Lesson Study (guru mitra) dapat meningkatkan proses hasil belajar mata pelajaran matematika kelas XII IPA2  SMA Negeri 1 Guntur semester gasal tahun pelajaran 2016/2017; (2) untuk mengetahui apakah melalui metode bermain peran dengan menggunakan pendekatan Lesson Study (guru mitra) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran matematika kelas XII IPA2 SMA Negeri 1 Guntur semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017; (3) untuk mengetahui apakah melaui metode bermain peran dengan menggunakan pendekatan Lesson Study (guru mitra) dapat meningkatkan kedisiplinan siswa dalam pembelajaran matematika kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Guntur semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini pembelajaran dengan metode lesson study dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi induksi matematika di kelas XII IPA 2 SMA N 1 Guntur tahun pelajaran 2016/2017; (2) meningkatkan keterampilan siswa pada pelajaran matematika materi induksi matematika di kelas XII IPA 2 SMA N 1 Guntur tahun pelajaran 2016/207; (3) meningkatkan kedisiplinan siswa pada pelajaran matematika materi induksi matematika di kelas XII IPA 2 SMA N 1 Guntur tahun pelajaran 2016/2017.

The purpose of this research is: (1) to know whether through role playing method by using approach of Lesson Study (teacher of partner) can improve the process of learning result of mathematics class XII IPA2 SMA Negeri 1 Guntur semester gasal of academic year 2016/2017; (2) to know whether through role playing method by using approach of Lesson Study (partner teacher) can improve student skill in learning mathematics class XII IPA2 SMA Negeri 1 Guntur odd semester of academic year 2016/2017; (3) to know whether through role playing method by using approach of Lesson Study (partner teacher) can improve student discipline in learning mathematics class XII IPA 2 SMA Negeri 1 Guntur odd semester of academic year 2016/2017. The results achieved in this study of learning with the method of lesson study can: (1) improve student learning outcomes in mathematics lesson material induction mathematics in class XII IPA 2 SMA N 1 Guntur academic year 2016/2017; (2) improving students' skills in mathematics lesson of mathematics induction materials in class XII IPA 2 SMA N 1 Thunder academic year 2016/207; (3) improving student discipline in mathematics lesson of mathematics induction material in class XII IPA 2 SMA N 1 Guntur year lesson 2016/2017.

Keywords

Role Play; Lesson study

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas, 2006, Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh / Model Silabus Mata Pelajaran Matematika, Jakarta : Depdiknas.

Mulyasa E. 2004. Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E, 2005, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susilo, 2007, Penelitian Tindakan kelas, Yoyakarta: Pustaka Book Publisher.

(http:// Pengertian Lesson Study . com)


View Counter: Abstract - 438 and PDF - 353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.