Peningkatan Hasil Belajar dan Imtak pada Materi Rendah Hati, Hemat Dan Sederhana Melalui 3 Steps Of Role Playing Based On Daily Short Story Kelas VIII
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran melalui 3 Steps of Role playing based on Daily Short Story serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan imtak peserta didik pada materi rendah hati, hemat dan sederhana pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Ambarawa dengan subjek penelitian peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 5 Ambarawa dengan jumlah 32 peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus.Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pengambilan data nontes berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto maupun video. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, Ada peningkatan hasil belajar dan imtak. Aspek pengetahuan ada peningkatan ketuntasan belajar, pada siklus 1 (68,75%), siklus 2 (78,13%) dan siklus 3 (100%). Aspek ketrampilan mengalami peningkatan siklus 1 (65,63%), siklus 2 (87,50% dan siklus 3 (100%). (2) Imtak dan softskill peserta didik kelas VIII C semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 juga mengalami peningkatan. Pada siklus 1 peserta didik yang menjalankan shalat wajib, ada 4 peserta didik atau 12,50%, siklus 2 ada 5 peserta didik yang menjalankan shalat wajib atau 15,63%, dan siklus 3 ada 8 peserta didik yang menjalankan shalat wajib atau (25%).
The purpose of this study is to describe the learning process through 3 Steps of Role playing based on Daily Short Story as well as to know the improvement of learning outcomes and imtak learners on the material humble, efficient and simple in learners. This research was conducted in SMP Negeri 5 Ambarawa with the subject of research students VIII C grade SMP Negeri 5 Ambarawa with the number of 32 students. The method used in this study is a classroom action research consisting of three cycles. Each cycle consists of planning, action, observation, reflection. Nontest data retrieval in the form of observation guidelines, interviews, journals, and documentation of photos and video. Data analysis is done by quantitative and qualitative techniques. Based on the analysis of research data, there is an increase in learning outcomes and imtak. Aspects of knowledge there is an increase in learning mastery, in cycle 1 (68.75%), cycle 2 (78.13%) and cycle 3 (100%). Skills aspects improved cycle 1 (65,63%), cycle 2 (87,50% and cycle 3 (100%). (2) Imtak and softskill of class VIII C students in second semester of academic year 2014/2015 also increase. In cycle 1 students who perform the obligatory prayers, there are 4 students or 12.50%, cycle 2 there are 5 students who perform obligatory prayers or 15.63%, and cycle 3 there are 8 students who perform obligatory prayers or (25 %).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asifudin, Ahmad Janan. 2010. Mengungkit Pilar-pilar Pendidikan Islam (Tinjauan Filosofis). Yogyakarta: Suka Press UIN Suka.
Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara
Djiwandono,Sri Esti Wuryanti.2006. Psikhologi Pendidika
Pudjiani, Tatik.2014. Pendekatan Saintifik dan Penilaian Otentik Pada Mapel PAI dan Budi Pekerti SD/SMP/SMA?SMK.Yogyakarta: Spirit For Education and Development.
View Counter: Abstract - 811 and PDF - 1597
Refbacks
- There are currently no refbacks.