Penerapan Model Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Lingkaran Kelas XI IPA 1
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah menerapkan model pembelajaran MAKE A MATCH agar dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi lingkaran bagi peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mayong semester 2 tahun pelajaran 2014/2015 dan seberapa besar peningkatannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri atas dua siklus. Pada Siklus I kelas dibagi menjadi 2 kelompok untuk saling berhadapan sedangkan pada siklus II kelas dibagi menjadi 4 kelompok dengan 2 kelompok saling berhadapan. Simpulan dari penelitian ini adalah hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata 74,61 pada siklus I menjadi 79,97 pada siklus II dan banyaknya siswa yang tuntas 23 peserta didik (69,70%) pada siklus I menjadi 29 peserta didik (87,87%) pada siklus II.
The purpose of this study was to determine how to apply the learning model MAKE A MATCH in order to improve learning outcomes in mathematics circles materials for students of class XI IPA 1 SMA Negeri 1 Mayong 2nd semester 2014/2015 academic year and how much improvement. This research was conducted using the method of classroom action research ( PTK ) , consisting of two cycles . In the first cycle class is divided into two groups facing each other for a while in the second cycle class is divided into four groups with two groups facing each other . Conclusions from this research is the result of learning increased from an average value of 74.61 at 79.97 in the first cycle to the second cycle and the number of students who complete 23 students of class ( 69.70 % ) in the first cycle to 29 students of class ( 87.87 % ) on the second cycle .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andewi, Maspuri.2009. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII SMP Negeri 10 Tebing Tinggi . http://puricikguandewi.files.wordpress.com/2013/04/laporan-kti.pdf (diunduh 1 April 2015)
Djamarah, syaiful 2008, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Huda, Miftahul.2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karsih asmi, Yuni, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menyederhanakan Pecahan, artikel dalam Jurnal Didaktika Dwija Indria, Vol 2 No 8 , pp.23-28.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Mayong Tahun Pelajaran 2004/2005.
Permendiknas Republik Indonesia nomor 22 tahun 2006.
Sudjana, Nana.1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Uno, B Hamzah, 2011, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta : Bumi Aksara.
View Counter: Abstract - 1915 and PDF - 1246
Refbacks
- There are currently no refbacks.