Penerapan Model Belajar Tuntas (Mastery Learning) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa MI Roudlotul Huda
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah penerapan model belajar tuntas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas III MI Roudlotul Huda Sekaran kecamatan Gunungpati, Semarang pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tuntas (mastery learning) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas III pada mata pelajaran matematika telah berhasil karena telah tuntas.
The purpose of this study is the implementation of learning model completion in an effort to improve student achievement Class III MI Roudlotul Huda Sekaran Gunungpati, Semarang in the even semester of the academic year 2016/2017. The method used is classroom action research with three cycles. Data collection techniques used are observation and test. The results showed that learning by applying the model of learning thorough (mastery learning) in improving student achievement Class III on mathematics subjects have been successful because it has been completed.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar. Rineka Cipta.
Budiyanti, A. R. (2007). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Belajar Tuntas. Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).
Depdikbud. (1994) Petunjuk Pelaksanaan Belajar Mengajar Kurikulum 1994
Maryamah, S. (2007). Usaha Meningkatkan Pemahaman Konsep, Fakta, Prinsip, dan Skill Matematika Melalui Metode Mastery Learning. Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).
Suradi. (2006). Upaya Meningkatkan Belajar Matematika Melalui Belajar Tuntas (Mastery Learning). Skripsi-UMS (tidak diterbitkan).
Suryosubroto, B. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineke Cipta
Slameto (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
View Counter: Abstract - 4003 and PDF - 1963
Refbacks
- There are currently no refbacks.