Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Liyana Sunanto, Nur Asyiah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh perangkat perkuliahan dengan menggunakan strategi metakognitif dalam membentuk kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester II Prodi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Cirebon T.A 2016/2017 pada mata kuliah Konsep Dasar Matematika. Pengaruh perangkat perkkuliahan dengan menggunakan strategi metakognitif dapat dilihat dari hasil pengamatan kemandirian belajar mahasiswa. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi metakognitif terhadap kemandirian belajar. Hasil uji-t pada pembelajaran konsep dasar matematika materi geometri ruang dengan menggunakan strategi metakognitif terhadap kemandirian belajar adalah sebesar 4,465 > 2,027 maka penggunaan strategi metakognitif dianggap berpengaruh terhadap kemandirian belajar mahasiswa PGSD.

The present study aims to investigate the effect of learning instruments by using metacognitive strategies. This strategies are initiated to build self regulated learning students’. The students at the second semester, who are majoring in PGSD, are chose the participants. They belong to students of faculty teaching training and education, Muhammadiyah University of Cirebon who are taking Mathematical Basic Concept subyek academic year 2016/2017. The effect of learning instruments by using metacognitive strategies is indicated by the observation of self regulated learning students. The data are analized by using T-test to investigate the effect of metacognitive strategies towards self regulated learning students. The result of T-test in mathematical basic concept in particular space geometry material by using metacognitive strategies towards self regulated learning students is 4,465 > 2,027 therefore it is considered that the use of metacognitive strategies towards self regulated learning PGSD students.

Keywords

metacognitive strategies; self regulated learning

Full Text:

PDF

References

Aini, P.N dan Taman, A. 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Akademik 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No.8.

Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Guru SD/MI Lulusan S-1 PGSD. Jakarta: Depdiknas.

Hidayati, K & Listyani, E. 2007. Improving Instruments of Students Self-Regulated Learning. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Kamaluddin dan Sulisworo, D. 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Paper Presented at the Pertemuan Ilmiah XXX HFI Jateng & DIY.

Murtadho, F. 2013. Berpikir Kritis dan Strategi Metakognisi: Alternatif Sarana Pengoptimalan Latihan Menulis Argumentasi. Paper Presented at the 2nd International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE).

Samuels, S.Jay, Kari Ann. 2005. Role of Autometicity in Metakognition Literacy Instruction. Handbook. New Jersey. University of Minnesota Twin Cities, Vol.3, No.4.

Sugiyono (2010) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke-10. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. 2006. Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung. FMIPA UPI.

Sunanto, L. 2014. Pengembangan Strategi Meta-Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal of Primary Education Vol. 3, No.1


View Counter: Abstract - 699 and PDF - 419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.